Tips Agar Tetap Sehat Setelah Kehujanan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Di musim hujan saat ini, sangat memungkinkan kita mengalami kehujanan. Terjebak pada saat hujan dan tetap memakai pakaian yang basah kuyup akan mengakibatkan tubuh jadi kedinginan.

Ketika kita baru saja kehujanan di jalan, sebaiknya segera mandi saat sudah sampai di dalam rumah. Hal ini perlu dilakukan agar badan tidak menggigil.

Pada saat hujan, virus dan bakteri akan semakin cepat berkembang. Itulah sebabnya kesehatan tubuh dapat terganggu saat cuaca dingin di musim hujan.

Berikut tips yang dapat kita lakukan agar tetap sehat setelah kehujanan:

1. Segera Ganti Baju yang Basah

Ketika sampai rumah tidak perlu menunda-nunda, segera ganti baju yang basah akibat terkena hujan tadi dengan baju yang hangat. Ini supaya virus dan bakteri yang menempel di baju tidak menyebabkan penyakit di tubuh.

2. Mandi dengan Air Hangat

Setelah kehujanan, sebaiknya kita segera mandi karena bisa menghilangkan semua virus dan kuman yang menempel di kulit. Setelah mandi, keringkan tubuh, terutama bagian rambut. Rambut yang basah dapat menyebabkan tubuh kedinginan juga kepala menjadi pusing.

3. Konsumsi Makanan atau Minuman Hangat

Makananan atau minuman hangat menjadi aktivitas sangat penting untuk mencegah datangnya penyakit selepas kehujanan. Setidaknya cobalah minum teh panas yang dicampur madu dan lemon. Tidak hanya membuat tubuh lebih hangat dan nyaman, madu dan lemon mengandung vitamin C yang dapat mencegah flu.

4. Lakukan Stretching Ringan

Ketika kita kehujanan tubuh akan kedinginan dan mungkin menyebabkan tubuh menggigil dan kaku. Untuk itu kita bisa melakukan sedikit peregangan ringan sehingga tubuh menjadi lebih rileks dan tidak kaku. Selain itu melaukan peregangan ringan juga dapat membuat tubuh menjadi lebih hangat dan memperlancar aliran darah.

Reporter: Gilang Permata

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini