Tingkatkan Imunitas, Ini Makanan yang Disarankan Usai Divaksin

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Vaksinasi Covid-19 pertama telah dilakukan di tanah air oleh presiden RI, Joko Widodo pada Rabu, 13 Januari 2021. Hal tersebut merupakan titik terang bagi masyarakat Indonesia untuk kembali mendapatkan kehidupan yang normal.

Meski demikian, bukan berarti kamu boleh lengah dan mengabaikan protokol kesehatan jika sudah melakukan vaksinasi. Kamu masih perlu menerapkan prokes, menjaga kesehatan termasuk pola makan.

Sebuah studi baru-baru ini menyimpulkan bahwa pemantauan nutrisi mungkin merupakan cara yang praktis dan murah untuk memengaruhi hasil vaksinasi. Studi tersebut menunjukkan gizi yang baik adalah kunci untuk memperkuat  kekebalan terhadap vaksin.

Dikutip dari Telegraph, tak ada makanan yang lebih dianjurkan dibanding makanan dengan gizi seimbang sebagai makanan setelah divaksin.

Makanan apa saja yang dianjurkan usai melakukan vaksinasi? Yuk simak!

1. Sayur-sayuran

Makanan pertama yang perlu dikonsumsi ialah sayur-sayuran. Dilansir dari Alodokter, sayur-sayuran memiliki kandungan serat yang tinggi, serta kaya akan vitamin dan mineral.

Sayuran hijau merupakan kelompok makanan yang kaya nutrisi. Untuk itu, mengonsumsi sayur-sayuran usai divaksin sangat dianjurkan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

2. Buah-buahan

Mengonsumsi buah-buahan usai divaksin juga sangat dianjurkan. Buah-buahan memiliki kandungan antioxidan yang tinggi.

Kamu bisa mengonsumsi buah-buahan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sepert kiwi, jeruk, pepaya, dan semangka. Buah-buahan tersebut mengandung vitamin A dan C yang bagus untuk daya tahan tubuh.

3. Biji-bijian

Tahukah kamu, biji-bijian merupakan asupan yang baik untuk data tahan tubuh? Maka, usai melakukan vaksinasi, ada baiknya kamu mengonsumsi biji-bijian untuk memperkuat sistem imun ya.

Biji-bijian seperti chia seed, biji bunga matahari, dan biji labu memiliki kandungan vitamin E yang tinggi. Dengan kata lain, antioxidan dalam biji-bijian juga tinggi sehingga bagus untuk kekebalan tubuh.

4. Yogurt

Satu lagi asupan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh ialah yogurt. Yogurt merupakan fermentasi susu yang menyehatkan.

Ada banyak nutrisi yang terkandung dalam yogurt yang baik untuk tubuh. Seperti protein, karbohidrat, vitamin dan mineral. Kandungan tersebut baik untuk kesehatan dan daya tahan tubuh, termasuk untuk orang yang baru divaksinasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Produksi Sampah Capai 65 Ton selama Lebaran, WALHI Jogja Ingatkan Penanganan Jangan hanya Menumpuk

Mata Indonesia, Yogyakarta - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY mencatat peningkatan sebanyak 65 ton sampah di Kota Yogyakarta, Sleman, dan Bantul selama periode 8-15 April 2024 atau masa lebaran. Persoalan sampah di DIY ini juga diingatkan oleh WALHI agar Pemda mencari penanganan lanjutan ke depan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini