Tiga Jet Tempur Ini Siap Jaga Langit Indonesia dari Pesawat Asing

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Batas udara wilayah Indonesia sangat luas seperti halnya perairan yang dimiliki. Untuk itu perlu ada penjaga agar tidak ada pesawat asing yang masuk ke area kawasan udara Indonesia.

Untuk penjagaan merupakan tugas dari TNI Angkatan Udara, yang selalu melakukan patrol udara mmantai keadaan. Jika pesawat asing itu melanggar batas udara wilayah Indonesia dan terdeteksi radar dari pangkalan udara, maka pasukan TNI AU langsung mengerahkan jet tempur mereka untuk mengejar dan menangkap pesawat asing itu.

Berikut jet-jet tempur milik TNI AU yang usir pesawat asing di langit Indonesia:

1. Jet Tempur F6 Fighting Falcon

Oktober 2018 lalu, Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Riau mendeteksi adanya dua pesawat tempur asing masuk wilayah NKRI di Natuna, Kepulauan Riau. Pihak TNI AU mengerahkan dua jet tempur F16 Fighting Falcon untuk mengusir pesawat yang belum diketahui asalnya itu.

Melihat pesawat tempur TNI AU mulai mendekati, kedua pesawat asing tersebut langsung kabur. Ronny menduga kedua pesawat asing tersebut pergi setelah dua F16 TNI AU tertangkap radar asing itu.

Dua jet tempur ini juga pernah memaksa turun pesawat Ethiopian Airlines Boeing 777 F di Bandara Hang Nadim Batam pada Januari 2019 lalu. Pesawat tersebut dicegat oleh pesawat Tempur TNI AU karena memasuki wilayah Indonesia.

2. Sukhoi SU-30 dan satu SU-7

Sukhoi Skadron 11 TNI AU yang siaga di Bandara Internasional Hang Nadim Batam kembali mengusir pesawat tidak dikenal dari wilayah udara Natuna Provinsi Kepulauan Riau, Jumat 25 September 2018.

“Satuan radar mendeteksi pesawat tidak dikenal di wilayah Natuna. Kami melakukan pengejaran,” terang Letkol Pnb Vincentius Endy Hadi Putra.

Pengejaran dilakukan dengan satu Sukhoi SU-30 dan satu SU-27. Lebih jauh Vincentius memaparkan belum mengetahui secara pasti jenis pesawat tersebut karena posisi terakhir masih jauh dari titik pesawat terpantau radar. Pesawat tersebut sudah keluar dari udara Natuna.

3. Pesawat Hawk dari Skuadron 12 Black Panther

TNI AU juga punya pesawat Hawk dari Skuadron 12 Black Panther untuk mengusir pesawat asing yang masuk wilayah Indonesia. Pesawat ini juga pernah digunakan untuk latihan Skuadron 12 Black Panther di Lanud Soewondo, Medan, November 2014.

Salah satu tujuan dari latihan ini adalah meningkatkan kesiagaan terhadap pelanggaran terhadap wilayah udara Indonesia. Latihan ini melibatkan enam unit pesawat Hawk dari Skuadron 12 Black Panther Pekan Baru.

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini