manfaat tidur siang saat puasa
manfaat tidur siang saat puasa

MATA INDONESIA, JAKARTA-Tidur siang saat puasa menjadi agenda wajib bagi sebagian orang. Namun, tahukah Anda, ternyata selain menghilangkan rasa kantuk, Tidur siang yang singkat saat puasa juga mendatangkan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat tidur siang saat puasa dapat memberikan dampak baik untuk tubuh. Hal ini dapat membantu kelancaran puasa kamu setiap harinya dan membuat badan tetap bugar.

Berikut manfaat tidur siang saat puasa di antaranya:

  1. Menghilangkan Rasa Lapar

Manfaat tidur siang saat puasa yang pertama adalah menghilangkan rasa lapar. Sahur membuat waktu tidur berkurang, yang tentunya bisa membuat perut jadi keroncongan, bahkan sebelum tengah hari.

Peneliti sebuah studi yang dilakukan di Universitas Stanford, Amerika Serikat (AS), menemukan, kurang tidur memicu hormon gherkin (yang membuat kamu ingin makan lebih banyak) dan menurunkan kadar hormon leptin (yang memberi kamu sinyal saat kenyang).

Tidur siang bisa menjadi cara untuk menahan lapar dan menekan keinginan untuk makan. Tidur terbukti membatasi grelin dan meningkatkan leptin, yaitu dua hormon metabolik yang mengatur rasa lapar dan nafsu makan.

  1. Memperbaiki Mood

Kurang tidur selama puasa membuat hormon neuroendokrin di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. kamu menjadi lebih mudah lelah dan marah. Salah satu manfaat tidur siang saat puasa adalah untuk memperbaiki mood.

Kalau sering uring-uringan seperti ini, luangkan waktu untuk tidur siang singkat selama 15-30 menit. Tidur siang membantu mengembalikan sistem tubuh dan hormon neuroendokrin kembali ke tingkat normal, sama seperti tingkat hormon setelah kamu tidur malam yang nyenyak.

  1. Mengurangi Stres

Saat mengantuk, kadar hormon kortisol akan naik. Hormon ini berfungsi untuk mengatur respon tubuh terhadap hal yang menegangkan, termasuk stres. Jadi, saat kadar kortisol meningkat, stres yang kamu rasakan juga semakin besar.

Banyak kerugian yang kamu dapatkan pada tubuh saat stres, salah satunya menjadi lebih mudah jatuh sakit. Tidur siang membantu tubuh untuk menurunkan kadar kortisol dan menurunkan tekanan darah sehingga mengurangi stres sekaligus menurunkan risiko penyakit jantung.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Semua organ di dalam tubuh bekerja sesuai dengan waktunya masing-masing, salah satunya jantung. Saat mengantuk, akan ada peningkatan tekanan darah yang bisa memperberat kerja jantung.

Beberapa penelitian telah menunjukkan kalau tidur siang singkat baik untuk jantung. Ditemukan juga gangguan tidur pada malam atau siang hari dapat memicu gangguan jantung sebesar 37 persen.

  1. Memperkuat Memori

Manfaat tidur siang saat puasa berikutnya adalah dapat memperkuat memori. Sebuah tim ahli neuropsikologi Jerman menemukan bahwa tidur setelah mempelajari sesuatu dapat membuat informasi ingatan lima kali lebih baik daripada jika kamu tetap terjaga sesudahnya.

Banyak literatur yang mengatakan bila istirahat tidur siang bisa membuat memori ingatan manusia lebih kuat. Durasi selama 20-30 menit sekali tidur siang bisa berdampak baik pada kemampuan kognitif dalam mengingat.

  1. Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat tidur siang saat puasa juga dapat meningkatkan konsentrasi. Aktivitas saraf yang terjadi saat tidur memperkuat kemampuan daya ingat kamu dalam jangka panjang. Kamu juga akan lebih mudah untuk memahami dan mempelajari suatu hal sekaligus mengingatnya.

  1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Manfaat tidur siang saat puasa berikutnya adalah meningkatkan kesehatan kulit. Jarang minum saat puasa membuat bibir pecah-pecah dan kulit menjadi kering. Kulit kering bisa menyebabkan terjadinya penuaan dini. Tidur siang membantu memperpanjang regenerasi kulit dan jaringan sehingga membantu kulit kamu tetap lembap dan terlihat lebih segar.

 

1 KOMENTAR

  1. Terima kasih M’News. Artikelnya bermanfaat. Selama ini yang saya tahu hanya secara agama bahwa tidur siang itu terhitung ibadah di bulan ramadan. Dengan membaca artikel ini akhirnya saya tahu manfaat lainnya dari tidur siang dari segi medis. Thanks for sharing. #KomenPositif

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here