Ilustrasi tidur sambil duduk (pixabay)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tidur merupakan hal alami untuk memulihkan kondisi tubuh. Terkadang tanpa disengaja seseorang tertidur dengan posisi duduk terutama pada saat perjalanan jauh. Posisi tidur sambil duduk menjadi solusi ketika tubuh sedang lelah, namun tidak memungkinkan untuk berbaring atau rebahan.

Selain ketika sedang di perjalanan, tidur dengan posisi duduk sering dilakukan dikala ketiduran mengerjakan tugas atau saking lelahnya di kantor. Pasalnya, banyak juga yang mencuri kesempatan untuk tidur di sela-sela aktivitas karena memang kurang tidur semalaman atau tubuh terlalu lelah bekerja, hingga akhirnya merasa lemas.

Namun apakah tidur sambil duduk baik untuk kesehatan? Belum ada penelitian yang jelas mengungkap mengenai hal tersebut.

Dilansir dari Inthebox.id, bahaya tidur sambil duduk yang dipercayai banyak orang adalah sebagai berikut:

1. Sakit Pinggang

Bahaya tidur sambil duduk yang pertama adalah sakit pinggang. Duduk terlalu lama bisa menyebabkan badan menjadi pegal-pegal apalagi jika tidur sambil duduk.

Salah satu yang dapat dirasakan dari tidur sambil duduk adalah sakit pinggang. Hal ini disebabkan karena posisi duduk akan lebih membebani bagian pinggang, sehingga dapat menyebabkan nyeri pada pinggang. Namun hal ini tidak bahaya jika kamu dapat mengatur posisi duduk yang baik dan nyaman.

2. Penggumpalan Darah

Posisi duduk terlalu lama bisa menyebabkan penggumpalan darah karena aliran darah yang tidak normal atau terhambat. Meskipun demikian, hal tersebut tidak menjadi ancaman atau berbahaya jika kamu tidur sambil duduk untuk waktu yang singkat. Posisi tidur sambil duduk akan mengakibatkan penggumpalan darah apabila durasi tidurnya berjam-jam, bahkan lebih dari 8 jam.

3. Kerusakan Tulang Belakang

Posisi duduk yang tidak benar bisa menyebabkan kerusakan tulang belakang seperti menjadi bungkuk, tulang belakang terlihat lebih condong ke depan, hingga tulang belakang yang bengkok. Posisi tidur duduk bisa menyebabkan kerusakan tulang belakang apabila posisinya tidak bagus atu tidak nyaman dan dalam waktu yang panjang.

Setelah tim inthebox.id bertanya langsung kepada ahli, nyatanya tidur sambil duduk tidak berbahaya bagi kesehatan. Hal tersebut tidak membahayakan jika kita tidak melakukannya setiap saat dan saat tidur malam selama berjam-jam.

Jadi, tidur sambil duduk tidak memiliki dampak buruk terhadap kesehatan jika dilakukannya hanya sebentar. Namun jika posisi tidur sambil duduk dilakukan berjam-jam atau pada saat tidur di malam hari akan memengaruhi kesehatan pada tubuh.

Terkadang tidur sambil duduk dilakukan untuk memulihkan kembali energi yang hilang. Tapi jangan sampai dijadikan kebiasaan untuk dilakukan setiap malam atau setiap tidur. Posisi tidur yang baik tetaplah berbaring di tempat tidur.

Posisi tidur akan memengaruhi kesehatan pada tubuh. Posisi tidur yang baik akan meningkatkan kualitas tidur dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Jika tidur yang dihasilkan berkualitas, maka aktivitas setelah bangun tidur akan lebih berjalan dengan baik dan lancar.

Reporter: Ananda Sri Maulida

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here