Ilustrasi

MINEWS, JAKARTA – Pernah tiba-tiba pingsan atau tak sadarkan diri? Atau mungkin pernah melihat orang lain yang mengalaminya? Waspada, pingsan tiba-tiba tak boleh kamu remehkan.

Apa sih sebenarnya yang menyebabkan seseorang pingsan? Pingsan secara umum terjadi ketika kamu kehilangan kesadaran untuk waktu yang singkat karena otak tidak mendapatkan oksigen yang cukup.

Namun, jika pingsan sering terjadi secara tiba-tiba, mungkin kamu mengalami salah satu dari lima masalah berikut ini:

1. Lapar

Kondisi lapar sangat tidak baik bagi kelancaran tubuh. Saat sedang lapar cukup parah, tubuh jadi kehilangan energi untuk disalurkan ke otak dan terjadilah pingsan.

2. Tekanan Darah Rendah

Sebab lainnya adalah tekanan darah rendah atau hipoglikemia. Agar tak bertekanan darah rendah, kamu jangan sampai melewatkan waktu makan supaya kadar gula dan tekanan dalam tubuh tetap terjaga.

3. Aritmia Jantung

Detak jantung yang tak beraturan adalah gejala paling umum yang terjadi pada aritmia jantung. Dalam kondisi ini, terkadang kakimu terasa tak stabil dan langsung pingsan tiba-tiba.

4. Stres Hipertensi

Jangan sampai kamu stres secara berlebihan. Kondisi itu dapat membuatmu kehilangan kesadaran secara tiba-tiba. Berusahalah mengendalikan stres dengan memikirkan hal-hal yang positif.

5. Masa Kehamilan

Terutama di masa-masa awal kehamilan, banyak kasus pingsan tiba-tiba terjadi. Diharapkan bagi para calon ibu agar rutin melakukan pemeriksaan selama masa kehamilan awal.