Tetap Hemat di Hari Raya, Ini Tips Kelola Keuangan saat Natal dan Tahun Baru

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Perayaan Natal dan tahun baru sudah di depan mata. Tentu ada banyak hal yang perlu disiapkan agar momen hari raya semakin spesial.

Namun, bukan rahasia lagi banyak biaya dan pengeluaran yang harus dikeluarkan untuk memeriahkan hari raya. Hal tersebut akan membuatmu merogoh kocek cukup dalam.

Tapi tenang, kamu tetap bisa menghemat pengeluaranmu untuk persiapan Natal dan tahun baru kok. Sebab, makna dari hari raya Natal bukan perayaan super mewah dan besar-besaran, kan?

Buat kamu yang tetap ingin hemat di hari raya, yuk simak cara mengelola keuangan agar gak boros saat Natal dan tahun baru.

1. Menabung Sedini Mungkin

Perayaan Natal dan tahun baru ada di penghujung tahun. Untuk itu, biasakan menabung sejak dini ya. Paling tidak, kamu sudah menyisihkan uang khusus untuk perayaan Natal sejak awal bulan Desember.

Dengan menyicil dan menabung sejak jauh-jauh hari, pengeluaran yang perlu kamu keluarkan di hari raya jadi tak terlalu berat. Sebab, kamu sudah memiliki tabungan yang meringankan biaya persiapan Natal dan tahun baru.

2. Buat Prioritas Barang dan Kegiatan

Selain sebagai hari lahir Yesus Kristus, momen Natal juga dimanfaatkan masyarakat sebagai waktu berkumpul bersama keluarga. Untuk itu, kamu perlu pintar-pintar menyeleksi barang-barang dan kegiatan apa saja yang akan dilakukan.

Buatlah daftar atau list barang-barang yang diprioritaskan untuk hari raya. Seperti dekorasi rumah khas Natal, dan bahan-bahan masakan untuk disajikan bersama keluarga. Jika ada kegiatan yang ingin dilakukan, kamu juga perlu memilahnya dan tetap sesuaikan dengan budgetmu ya.

3. Manfaatkan THR

Syukurlah, di hari raya ini kamu masih bisa mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) yang bisa jadi dana tambahan untuk memeriahkan momen Natal. Tapi, jangan langsung menghabiskan uang dalam sekejap ya!

Manfaatkanlah THR mu sebaik mungkin. Jika masih ada keperluan yang belum tertutup dari uang tabunganmu, pakailah uang THR sedikit. Usahakan tetap sisahkan THR kamu untuk keperluan lainnya ya.

4. Jangan Gila Diskon

Meski hari raya Natal identik dengan berbagai hadiah dan potongan harga, usahakan jangan tergiur ya. Boleh saja kamu memanfaatkan momen diskon untuk membeli keperluan yang dibutuhkan saat Natal. Tapi, hindari dan rem dirimu saat terlena dengan potongan harga barang yang gak perlu-perlu amat.

5. Buat Catatan Pengeluaran

Jangan sepelekan hal yang satu ini gaes! Membuat pencatatan pengeluaran sangat penting kamu lakukan terutama saat hari raya. Kamu bisa mencatat semua pengeluaran dan barang-barang apa saja yang kamu beli untuk hari Natal.

Catatan tersebut berguna sebagai daftar keperluan yang bisa kamu lakukan lagi di tahun depan. Jika ada pengeluaran yang kecolongan, catatan tersebut bisa dijadikan evaluasi agar kamu gak melakukannya lagi di Natal berikutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Geliat Pilkada Sleman pasca Lebaran, PDIP Pikir-pikir Dua Nama Ini untuk Diusung

Mata indonesia, Sleman - DPC PDI Perjuangan Sleman akan membuka pendaftaran penjaringan untuk calon bupati Sleman dalam Pilkada 2024 pada pekan depan. Dari internal PDIP, Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, telah dipanggil untuk diskusi oleh partai.
- Advertisement -

Baca berita yang ini