Terlalu Banyak Minum Teh Hijau Bisa Picu Serangan Jantung dan Anemia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Teh hijau merupakan salah satu minuman yang cukup digemari banyak orang. Selain untuk menghangatkan badan, teh hijau juga dinilai baik untuk Kesehatan. Tapi, kalau kebanyakan minum teh hijau malah mendatangkan beragam penyakit.

Melansir The Health Site, berikut sejumlah dampak kesehatan yang bakal kamu alami ketika mengonsumsi terlalu banyak teh hijau.

Anemia
Teh hijau ketika dikonsumsi dalam jumlah besar bisa memganggu penyerapan zat besi dari makanan. Lebih lanjut, hal ini bisa berujung pada munculnya anemia, masalah darah yang terjadi karena kurangnya sel darah merah.

Hal ini merupakan penyebab teh hijau tidak disarankan untuk langsung dikonsumsi setelah makan. Anemia bisa menyebabkan kamu merasa lelah, melayang, kulit pucat, tangan dan kaki dingin, nyeri di dada, napas pendek, serta meningkatnya detak jantung.

Paltipasi Jantung dan Tekanan Darah Tinggi
Walau teh hijau memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dari kopi, namun masih tetap bisa berefek ketika dikonsumsi dalam jumlah besar. Terlalu banyak kafein bisa menyebabkan paltipasi jantung serta meningkatnya tekanan darah.

Efek samping ini bisa sangat berbahaya bagi mereka yang memiliki masalah jantung. Oleh karena jika kamu memiliki hipertensi, masalah kardiovaskular, serta komplikasi masalah lain, sebaiknya batasi konsumsi teh hijau.

Masalah Tidur
Kafein terlalu banyak dari teh hijau bisa membuatmu kesulitan untuk tertidur. Hal ini tentu bisa berujung masalah lain baik secara mental maupun fisik.

Meningkatkan Stres dan Kecemasan
Secangkir teh hijau mungkin bisa menenangkan stres yang kamu alami. Walau begitu, konsumsi beberapa cangkir teh hijau justru malah bisa menimbulkan stres.

Hal ini bisa terjadi karena terlalu banyak kafein di pembuluh darah bisa memicu kelenjar adrenalin memproduksi hormon stres. Oleh karena itu, pembatasan konsumsi teh hijau ini penting untuk dilakukan.

Sakit Perut dan Diare
Teh hijau juga memiliki kandungan tanni yang bisa menyusutkan sejumlah jaringan dalam tubuh. Terlalu banyak senyawa ini di dalam tubuh bisa menyebabkan mulut kering, mual, serta sakit perut.

Kandungan laksatif dari kafein ini juga bisa membuatmu mengalami diare jika mengonsumsinya terlalu banyak. Diare dan muntah yang terjadi berkali-kali bisa menyebabkan dehidrasi yang bisa berbahaya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini