Terlalu Banyak Konsumsi Telur Bisa Sebabkan Diare Lho!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Telur merupakan makanan yang kaya akan gizi di muka di planet ini. Satu telur utuh mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Telur merupakan sumber protein lengkap, kaya vitamin B12, vitamin D, dan beberapa antioksidan lainnya, yang membantu tubuh tetap sehat serta mencegah penyakit kronis. Akan tetapi, terlalu banyak mengsonsumsi telur dalam sehari juga tak baik untuk kesehatan karena kandungan kolesterol yang tinggi pada kuning telur.

Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi telur juga dikaitkan dengan penyakit perut. Melansir Times of India, berikut informasi sebarapa berapa banyak telur yang dapat Anda konsumsi dalam sehari.

Telur dan kadar kolesterol

Mengonsumsi terlalu banyak telur dalam sehari dipercaya dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Itu karena kandungan kolesterol dalam kuning telur yang tinggi. Satu kuning telur mengandung sekitar 200 miligram (mg) kolesterol dan tingkat yang disarankan hariannya tidak lebih dari 300 mg per hari.

Akan tetapi, penelitian terbaru menegaskan bahwa kolesterol makanan memiliki sedikit pengaruh pada tingkat kolesterol total dan kolesterol jahat dalam tubuh. Faktanya, lemak jenuh makananlah yang meningkatkan tingkat kolesterol LDL.

Berapa jumlah maksimum telur yang dapat dikonsumsi dalam sehari?

Ketika berbicara tentang berapa banyak telur yang dapat Anda konsumsi dengan aman dalam sehari, tidak ada jawaban spesifik. Ini berbeda dari orang ke orang dan kesehatan mereka secara keseluruhan.

Berdasarkan penelitian terbaru, rata-rata orang sehat dapat dengan aman mengonsumsi hingga tujuh telur per pekan. Jika Anda tidak menderita masalah kesehatan apa pun atau belum pernah menyaksikan efek samping apa pun, Anda dapat dengan mudah mengonsumsi hingga tiga telur dalam sehari.

Efek samping terlalu banyak konsumsi telur

Telur itu sehat dan bergizi, tetapi tidak berarti Anda bisa memakannya sebanyak yang Anda mau. Untuk hidup panjang umur dan sehat, penting untuk memasukkan setiap jenis makanan ke dalam makanan Anda. Makanan yang berlebihan dapat membahayakan kesehatan dan hal yang sama berlaku untuk telur.

Mengonsumsi terlalu banyak telur dalam sehari, terutama di musim panas, dapat menyebabkan penumpukan panas dalam tubuh yang dapat menyebabkan masalah pada buang air besar. Selain itu, dapat menyebabkan diare, terutama pada anak kecil. Jadi, penting untuk mengontrol asupan Anda.

Hingga saat ini belum ada penelitian yang mampu menyatakan dengan jelas jumlah maksimum telur yang bisa dimakan seseorang dalam sehari. Diperlukan lebih banyak penelitian di bidang ini untuk sampai pada kesimpulan apa pun. Selalu disarankan untuk mengonsumsi makanan apa pun dalam jumlah sedang. Terlalu banyak makanan sehat juga dapat merusak kesehatan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Upaya BIN Tanamkan Nasionalisme Generasi Muda

Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) terus berupaya untuk menanamkan semangat dan rasa nasionalisme kepada para generasi muda...
- Advertisement -

Baca berita yang ini