Terkejut Bisa Sembuhkan Cegukan, Mitos atau Fakta?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pernahkah kamu cegukan dan merasa sangat terganggu? Bagaimana biasanya kamu mengatasi cegukanmu itu?

Cegukan merupakan kondisi yang sering terjadi tanpa diduga. Kondisi ini terjadi akibat diafragma atau otot yang berada di dasar paru-paru mengalami kejang sehingga menyebabkan pita suara menutup dengan cepat lalu menimbulkan suara keras cegukan.

Nah, cara menghilangkan cegukan juga mudah loh, karena kondisi ini umumnya tidak membahayakan, mulai dari minum air hingga menahan nafas beberapa saat.

Tapi, salah satu cara menghilangkan cegukan yang mungkin masih tidak dipercaya banyak orang adalah dengan mengejutkannya. Nyatanya, hal ini merupakan salah satu langkah yang efektif menghentikan cegukan.

Saat kamu terkejut, maka bisa mengagetkan saraf vagus yang bisa menghentikan cegukan. Nah, ada beberapa cara nih jika dirasa sulit untuk membuat seseorang terkejut agar cegukannya cepat teratasi, seperti menjulurkan lidah, berkumur hingga minum air jahe.

Tetapi, pada kondisi tertentu, cegukan bisa terjadi dalam waktu yang lama, bahkan hingga 48 jam. Jika kasusnya sudah seperti ini, segera perisakan ke dokter ya untuk hasil yang lebih lanjut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini