Terbiasa Tidur Telungkup? Waspada 3 Bahaya Ini untuk Kesehatan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Gaya tidur sehari-hari berpengaruh besar terhadap kesehatan tubuh Anda. Mulai dari soal durasi atau waktu ideal hingga posisi tidur, semua itu memiliki dampak terhadap kesehatan.

Khususnya untuk posisi, banyak orang yang asal-asalan saat tidur. Salah satunya seperti berposisi telungkup, yang sama sekali tidak direkomendasikan oleh para pakar kesehatan.

Benar, tidur telungkup bisa cukup efektif untuk mengurangi dengkuran. Namun, ada bahaya lainnya yang mengintaimu, tiga di antaranya adalah berikut ini.

1. Sakit Leher

Tidur telungkup, membuat kepala berada dalam posisi miring. Ini berbahaya, karena leher dalam posisi tidak normal dan bisa menimbulkan masalah serius.

2. Masalah Punggung

Ketiak kamu tidur dalam posisi telungkup, tekanan akan lebih besar di bagian punggung dan tulang belakang. Dampaknya bisa mengakibatkan rasa sakit pada bagian tersebut. Lebih jauh, efeknya bisa terasa sampai ke bagian tubuh lain, mengingat tulang punggung adalah penyambung sejumlah saraf.

3. Buruk untuk Wanita Hamil

Tidur telungkup merupakan posisi tidur yang pantang dilakukan wanita hamil karena bisa memberikan tekanan berlebih pada bayi yang dikandung. Pada wanita hamil, disarankan untuk tidur miring ke kiri. Posisi ini bisa meningkatkan aliran darah sehat ke tubuh dan memberi tingkat oksigen yang maksimal baik pada ibu dan bayi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini