Tidur telungkup

MATA INDONESIA, JAKARTA – Gaya tidur sehari-hari berpengaruh besar terhadap kesehatan tubuh Anda. Mulai dari soal durasi atau waktu ideal hingga posisi tidur, semua itu memiliki dampak terhadap kesehatan.

Khususnya untuk posisi, banyak orang yang asal-asalan saat tidur. Salah satunya seperti berposisi telungkup, yang sama sekali tidak direkomendasikan oleh para pakar kesehatan.

Benar, tidur telungkup bisa cukup efektif untuk mengurangi dengkuran. Namun, ada bahaya lainnya yang mengintaimu, tiga di antaranya adalah berikut ini.

1. Sakit Leher

Tidur telungkup, membuat kepala berada dalam posisi miring. Ini berbahaya, karena leher dalam posisi tidak normal dan bisa menimbulkan masalah serius.

2. Masalah Punggung

Ketiak kamu tidur dalam posisi telungkup, tekanan akan lebih besar di bagian punggung dan tulang belakang. Dampaknya bisa mengakibatkan rasa sakit pada bagian tersebut. Lebih jauh, efeknya bisa terasa sampai ke bagian tubuh lain, mengingat tulang punggung adalah penyambung sejumlah saraf.

3. Buruk untuk Wanita Hamil

Tidur telungkup merupakan posisi tidur yang pantang dilakukan wanita hamil karena bisa memberikan tekanan berlebih pada bayi yang dikandung. Pada wanita hamil, disarankan untuk tidur miring ke kiri. Posisi ini bisa meningkatkan aliran darah sehat ke tubuh dan memberi tingkat oksigen yang maksimal baik pada ibu dan bayi.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here