Tenang Gaes, Ini Tips Liburan Akhir Tahun yang Aman di Masa Pandemi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Mendekati akhir tahun, masa liburan panjang akan segera tiba. Tentu hal tersebut sudah sangat kamu nanti-nanti, bukan?

Namun, jangan sampai lupa ya, meski liburan panjang sebentar lagi tiba, kamu perlu sadar bahwa kita masih dalam situasi pandemi. Pastinya, jika ingin melakukan perjalanan liburan, ada hal-hal yang perlu dipikirkan dan disiapkan agar tetap aman dan nyaman.

Meski demikian, banyak orang yang tak mau ketinggalan momen liburan akhir tahun ini. Namun, di satu sisi, mereka masih ragu dan parno lantaran penyebaran Covid-19 yang masih merebak.

Tenang gaes! Jika kamu tetap ingin pergi liburan di akhir tahun ini, yuk simak beberapa tips agar perjalananmu tetap aman dan nyaman.

1. Cari Tahu Status Lokasi Lingkungan

Saat memutuskan untuk liburan di masa pandemi, ada baiknya kamu research terlebih dahulu lokasi yang akan kamu kunjungi. Cari tahu apakah lokasi tersebut merupakan zona merah atau tidak.

Pastikan tempat yang akan kamu kunjungi saat liburan merupakan kota ataupun negara yang aman ya. Lihat pula tingkat kasus positif dan penyebaran virus tersebut di tempat itu. Jangan lupa untuk siapkan plan b, atau tempat cadangan jika kota tersebut masuk dalam zona merah.

2. Cari Penginapan yang Higienis

Jika kamu berniat memilih penginapan yang murah, ada baiknya kamu pertimbangkan dulu ya. Pasalnya, penginapan merupakan tempat yang harus steril dan higienis.

Gak perlu yang mahal-mahal banget kok. Tapi, pastikan tempat kamu stay harus sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

3. Bawa Alat Mandi Sendiri

Meski biasanya peralatan mandi sudah disediakan di penginapan, gak ada salahnya kamu membawa sendiri keperluanmu agar lebih aman. Siapkan dari rumah keperluan pribadimu seperti handuk, sabun, shampo dan sikat gigi.

Pastikan pula peralatan mandimu gak dipakai orang lain ya. Meski orang tersebut adalah teman atau keluargamu, sebaiknya kamu hindari memakai peralatan secara bersamaan ya.

4. Pilih Wisata Di Luar Ruangan

Buat kamu yang sudah merencakanan berwisata alam dan di luar ruangan, maka itu merupakan pilihan yang tepat. Sebab, di masa seperti ini, beraktivitas di dalam ruangan dengan banyak kerumunan merupakan hal yang perlu dihindari.

Pilihlah destinasi wisata seperti pantai, gunung, dan lokasi-lokasi berwarna hijau. Selain bisa meredakan stres, tempat-tempat tersebut juga memiliki sirkulasi udara yang baik untuk kamu dan keluarga saat berlibur. Jangan lupa untuk selalu menjaga jarak dan menghindari kerumunan ya.

5. Pastikan Kondisi Sehat

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan sebelum liburan akhir tahun ialah kondisi kesehatanmu. Jika badanmu atau kerabat yang akan ikut berlibur sedang kurang sehat, sebaiknya tunda dulu rencana liburannya ya. Selalu tanamkan pada dirimu bahwa kesehatan dan kesalamatan diri dan keluarga adalah hal yang utama.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini