Teh Bunga Mawar, Kaya akan Manfaat yang Tak Terduga

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bunga mawar telah digunakan untuk tujuan budaya dan pengobatan selama ribuan tahun. Keluarga mawar memiliki lebih dari 130 spesies dan ribuan kultivar. Semua mawar dapat dimakan dan dapat digunakan dalam teh, beberapa terasa manis sementara yang lain lebih pahit.

Teh bunga mawar adalah minuman herbal aromatik yang terbuat dari kelopak dan kuncup bunga mawar yang harum. Teh bunga mawar diklaim menawarkan banyak manfaat kesehatan, meskipun banyak di antaranya tidak didukung dengan baik oleh sains.

Simak potensi manfaat dan kegunaan teh bunga mawar berikut ini.

Secara Alami Bebas Kafein

Banyak minuman panas populer, termasuk kopi, teh, dan bahkan cokelat panas, mengandung kafein.

Meskipun kafein menawarkan banyak efek positif, termasuk mengurangi kelelahan dan meningkatkan kewaspadaan dan tingkat energi, beberapa orang lebih memilih untuk menghindarinya atau tidak dapat mentolerir efek sampingnya. Misalnya, kafein dapat meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan perasaan cemas pada beberapa orang.

Teh bunga mawar secara alami bebas kafein dan dengan demikian bisa menjadi pengganti yang bagus untuk beberapa minuman berkafein panas yang lebih umum. Namun, perlu diingat bahwa beberapa teh bunga mawar adalah campuran teh berkafein biasa dan kelopak mawar, jadi jika kamu ingin bebas kafein, pastikan untuk memilih teh kelopak mawar 100 persen.

Manfaat Hidrasi dan Penurunan Berat Badan

Teh mawar terutama terdiri dari air. Untuk alasan ini, minum satu cangkir atau lebih per hari dapat berkontribusi secara signifikan terhadap total asupan air kamu.

Tidak minum cukup air dapat menyebabkan dehidrasi, yang dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala, masalah kulit, kram otot, tekanan darah rendah, dan detak jantung yang cepat. Jadi, penting untuk mendapatkan cukup air sepanjang hari dengan makan makanan yang kaya air dan minum air putih, teh, kopi, atau minuman lainnya.

Selain itu, air dapat membantu penurunan berat badan dengan meningkatkan metabolisme. Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa minum 17 ons (500 ml) air dapat meningkatkan metabolisme hingga 30 persen.

Terlebih lagi, beberapa bukti menunjukkan bahwa minum air sebelum makan dapat membantu menurunkan berat badan dengan membuat kamu merasa lebih kenyang dan mengurangi asupan kalori kamu.

Pada akhirnya, asupan air yang cukup dapat membantu mencegah penyakit batu ginjal.

Kaya Akan Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang membantu memerangi efek radikal bebas. Ini adalah molekul reaktif yang menyebabkan kerusakan sel dan menyebabkan stres oksidatif, yang berhubungan dengan banyak penyakit dan penuaan dini.

Sumber utama antioksidan dalam teh bunga mawar adalah polifenol. Diet kaya polifenol dianggap mengurangi risiko beberapa jenis kanker, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2, serta melindungi otak dari penyakit degeneratif.

Sebuah studi dari 12 kultivar mawar menemukan kandungan fenol dan aktivitas antioksidan teh bunga mawar sama atau lebih besar daripada teh hijau.

Teh bunga mawar sangat kaya akan asam galat. Senyawa antioksidan ini menyumbang 10–55 persen dari total kandungan fenol teh dan diketahui memiliki efek antikanker, antimikroba, antiinflamasi, dan analgesik.

Teh juga kaya akan anthocyanin, yang terdiri hingga 10 persen dari total kandungan fenolnya. Ini adalah pigmen berwarna yang terkait dengan saluran kemih dan kesehatan mata yang baik, peningkatan memori, penuaan yang sehat, dan risiko beberapa jenis kanker yang lebih rendah.

Fenol lain yang berkontribusi terhadap aktivitas antioksidan dalam teh bunga mawar termasuk kaempferol dan quercetin.

Namun, penting untuk dicatat bahwa air panas tidak dapat mengekstrak semua antioksidan dalam kelopak mawar. Faktanya, ekstrak kelopak mawar memiliki aktivitas antioksidan 30-50 persen lebih besar daripada teh bunga mawar.

Dapat Mengurangi Nyeri Haid

Nyeri haid mempengaruhi sekitar 50 persen anak perempuan dan perempuan, beberapa di antaranya mengalami muntah, kelelahan, sakit punggung, sakit kepala, pusing, dan diare saat menstruasi.

Banyak wanita lebih memilih metode alternatif pengendalian rasa sakit daripada obat pereda nyeri biasa. Misalnya, teh bunga mawar yang dibuat dari kuncup atau daun Rosa Allica telah digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk mengobati nyeri haid.

Suatu penelitian menyelidiki efek teh bunga mawar pada 130 siswa remaja di Taiwan. Peserta diinstruksikan untuk minum 2 cangkir teh bunga mawar setiap hari selama 12 hari, mulai 1 minggu sebelum menstruasi dan selama 6 siklus menstruasi.

Mereka yang minum teh bunga mawar melaporkan lebih sedikit rasa sakit dan kesejahteraan psikologis yang lebih baik daripada mereka yang tidak minum teh. Ini menunjukkan bahwa teh bunga mawar mungkin merupakan cara yang cocok untuk mengobati nyeri haid.

Manfaat teh bunga mawar lainnya, yakni:

Banyak klaim kesehatan tambahan telah dibuat tentang teh bunga mawar. Namun, mereka didasarkan pada penelitian yang menggunakan ekstrak yang sangat manjur.

Manfaat yang diklaim meliputi:

  • manfaat mental, seperti untuk mengobati demensia dan kejang
  • relaksasi, pengurangan stres, dan efek antidepresan
  • mengurangi keparahan reaksi alergi
  • sifat antibakteri
  • peningkatan resistensi insulin dan kesehatan jantung
  • pengobatan penyakit hati
  • sifat anti-inflamasi dan anti-rematik
  • efek antikanker

Reporter: Sheila Permatasari

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini