Ilustrasi-Makanan (Foto Istimewa)
Ilustrasi-Makanan (Foto Istimewa)

MINEWS, JAKARTA-Memasuki tanggal tua biasanya orang bakal beralih ke menu instan untuk sarapan selain murah juga praktis dalam penyajian. Namun, ternyata ada menu sarapan enak dan bergizi serta murah harganya yang bisa menjadi rekomendasi, apa saja?

1.  Nasi plus telur 

Nasi sebagai sumber karbohidrat pastinya selalu ada dalam persediaan. Nah, untuk lauknya bisa tambahkan dengan telor mata sapi atau telur dadar dan kecap manis bisa jadi sarapan enak.

Variasi lainnya bikin jadi nasi goreng Korea. Aduk telur kocok dengan nasi lalu masak dalam wajan di atas api sedang hingga telur matang. Makan selagi hangat. Telur akan memberi asupan protein dan sejumlah vitamin. Sementara nasi memberi asupan karbohidrat dan serat.

  1. Roti dengan selai

Roti dengan aneka isian mulai yang manis hingga yang gurih asin. Roti tawar putih bisa dipanggang sebentar dalam wajan hingga hangat dan sedikit kering. Selanjutnya tinggal dioles selai kacang dan ditaburi cokelat meisjes atau selai buah.

Roti merupakan sumber karbohidrat, selai kacang akan memberi asupan protein. Apel dan pisang memberi asupan vitamin dan mineral serta serat.

  1. Nasi goreng 

Ada nasi putih sisa semalam? Coba diolah jadi nasi goreng. Bisa dipadukan dengan sisa lauk semalam seperti ayam goreng, ikan goreng atau secuil rendang. Tambahkan telur mata sapi atau telur goreng. Lengkapi dengan potongan sawi dan sajikan dnegan kerupuk dan acar mentimun.

  1. Mie Instan 

Selain murah dan praktis, mie instan umumnya berbumbu kuat dengan rasa gurih yang disukai banyak orang. Pilih saja mie intan rebus atau goreng sesuai selera. Sebagai pelengkap, minimal tambahkan telur dan sedikit sawi hijau atau sayuran lainnya.

  1. Cokelat /Kopi Susu 

Kalau tak ingin makan berat, segelas cokelat susu atau kopi susu bisa jadi pilihan. Untuk asupan nutrisi yang lebih sebaiknya gunakan cokelat bubuk atau kopi bubuk yang baik kualitasnya.

Tambahkan susu segar dan sedikit gula jika suka. Cokelat dan susu akan memberi asupan protein, mineral dan vitamin. Kedua minuman ini akan memberi rasa kenyang. Bisa ditambahkan dengan 2-3 keping biskuit tawar.