Tanda-tanda Penyakit Liver Parah yang Sering Diabaikan

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Bayangkan jika kamu hidup, namun organ hati atau livermu tak berfungsi dengan baik. Liver memegang peranan vital dalam kelangsungan hidup yang sehat. Lebih dari 500 fungsi tubuh manusia bergantung pada organ ini.

Dikutip dari boldsky.com, sayangnya, tak semua orang menyadari atau mencari tahu apakah kondisi livernya dalam keadaan sehat atau sebaliknya.

Bahkan, beberapa tanda-tanda penting liver bermasalah kerap diabaikan. Namun, pertanyaan utamanya, bagaimana mengatahui liver yang sehat?

Gejala umum pertama sebagai penanda masalah liver adalah kondisi perut yang tidak normal. Munculnya rasa nyeri dan kembung yang parah bisa jadi tanda awal. Jika diremehkan, bukan hanya hati yang rusak, namun merembet ke pankreas hingga paru-paru.

Tanda lainnya yang cukup mencolok adalah perubahan warna kulit dan kuku menjadi lebih kuning akibat hati mulai gagal membersihkan racun dalam tubuh.

Awalnya, di bagian kulit akan tampak ruam-ruam kekuningan yang memenuhi beberapa titik tubuh, hingga pada akhirnya tubuh benar-benar menjadi kuning jika penyakit liver semakin parah.

Masalah semakin serius dan tidak bisa Anda remehkan ketika gejalanya tampak pada urine dan feses. Saat membuang air kecil atau buang air besar, perhatikan, apakah urin yang keluar berwarna kuning gelap atau feses yang keluar berwarna pucat, terkadang berampur darah.

Jadi, beberapa gejala penting ini jika terjadi pada Anda, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter dan lakukan cek kesehatan untuk mengetahui pasti masalah tubuh Anda.

Pastikan Anda juga mengkonsumsi makanan yang sehat, rutin berolahraga dan selalu rutin memeriksa kesehatan tubuh (Ryan Virgiawan)

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini