Tanda Produk Pembersih dan Hand Sanitizer Tidak Aman

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pandemi membuat kita bergantung pada produk pembersih untuk menjaga tubuh dan lingkungan kita tetap bersih serta terbebas dari kuman. Orang-orang kini mulai membersihkan setiap jengkal rumah dengan berbagai produk demi melindungi diri dari virus yang telah merenggut 2,6 juta jiwa!

Selain menjaga tubuh agar tetap bersih, kita juga dianjurkan untuk menerapkan dan patuh terhadap protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, dan menjaga jarak atau social distancing.

Berbicara mengenai sabun dan hand sanitizer, Anda harus waspada ya mengenai dua hal ini. Pastikan sabun dan hand sanitizer Anda benar-benar berfungsi dengan baik untuk menonaktifkan sebagian besar kuman yang menempel pada kulit tubuh Anda.

Melansir Times of India, berikut sejumlah tanda bahwa pembersih tangan Anda tidak aman dan mungkin menempatkan Anda pada risiko infeksi. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan dengan seksama bahan yang terkandung di dalamnya.

Mengandung 60 persen alkohol

Semua jenis pembersih tangan, semprotan pembersih, dan tisu pembersih harus mengandung setidaknya 60 persen alkohol. Konsentrasi alkohol yang tinggi membunuh kuman melalui dehidrasi.

Bau yang berbeda

Agen pembersih yang efektif memiliki bau yang khas. Ini mengandung bahan-bahan yang mencegah orang menelan produk. Jika pembersih Anda berbau seperti cairan biasa, makan jangan digunakan.

Jika Anda belum pernah melihat merek ini sebelumnya

Lebih baik tetap menggunakan produk pembersih yang biasa Anda beli. Selama pandemi, banyak perusahaan mulai memasok produk pembersih dan kebanyakan tidak memenuhi persyaratan. Mereka tidak efektif!

Mengandung bahan yang diperlukan

Selain alkohol, produk pembersih Anda juga harus mengandung gliserin, hidrogen peroksida, dan air steril sebagai bahan yang diperlukan.

Periksa tanggal kedaluwarsa

Karena alkohol perlahan menguap seiring waktu, pembersih tangan Anda menjadi tidak efektif melawan kuman dan bakteri lain. Baca label dengan cermat dan periksa tanggal kedaluwarsa.

Mengandung metanol

Metanol adalah bahan kimia yang ditemukan di beberapa produk pembersih dan dapat berbahaya bagi kulit manusia. Cari produk yang mengandung isopropil alkohol (IPA) dan etil alkohol (etanol).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini