Tanaman Hias ini Mudah Dirawat, Cocok banget buat Pemula

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tanaman hias dapat meningkatkan kualitas udara dalam ruangan, karena membuat ruangan menjadi lebih bersih dan segar.

Selain itu, tanaman hias dapat menjadi objek untuk melatih diri bertanggung jawab dalam merawat sesuatu.

Sebelum tertarik memiliki tanaman hias, ada baiknya mengetahui mana tanaman hias yang mudah dirawat, terutama untuk para pemula. Hal itu agar tanaman hias yang kita miliki tidak mati sia-sia karena tidak dirawat dengan benar.

Berikut ini Mata Indonesia merangkum tanaman hias yang sangat mudah perawatannya, dan cocok dirawat oleh pemula, yuk simak!

Pohon Palem Hias

palem hias
Palem hias. (ruparupa.com)

Pohon palem biasanya berada di perkarangan rumah, dan memiliki tinggi lebih dari satu meter. Berbeda dengan pohon palem hias yang tinggi maksimalnya kurang dari satu meter dan bisa diletakan di sudut ruangan rumah.

Pohon palem hias hanya membutuhkan sedikit perhatian dalam merawatnya, sampai-sampai banyak anekdot menanam pohon tersebut yaitu, ‘tanam dan lupakan.’

Selama tanaman itu tidak kelebihan air, dia tidak gampang mati. Apalagi, pertumbuhan palem itu sangat lambat jadi sangat sempurna diletakkan di semua ruangan rumah.

Tips penyiraman dari Plants.com yaitu ketika bagian palem yang di atas tanah sudah kering setinggi 2 inci jika disentuh.

Sirih Gading (Golden Pothos)

sirih-gading-lifetimejourney.me
Sirih Gading (lifetimejourney.me)

Sirih Gading disebut juga Golden Pothos atau juga Devil’s Ivy karena sulit mati. Bayangkan saja, tanaman hias ini tahan panas dan mudah tumbuh. Tanaman hias yang tumbuhnya merambat itu bisa menyesuaikan diri dengan cahaya yang rendah.

Selain itu, sirih gading juga bisa tumbuh dengan membiarkan akarnya berada di dalam air. Maka, beberapa pecinta tanaman menaruh sirih gading di atas akuarium sebagai penghias.

Perawatannya juga sangat gampang yaitu hanya perlu dipangkas secara teratur. Pemberian pupuk juga cukup sebulan sekali. Itupun jika pemilik ingin sirih gading tumbuh lebat.

Tanaman Dolar (ZZ Plant)

Tanaman Dolar
Tanaman Dolar (kontraktorjogja.co.id)

Zamioculcas zamiifolia atau ZZ plant dikenal di Indonesia dengan nama tanaman dolar. Tanaman ini juga termasuk tanaman merambat. Walaupun begitu, dapat dirawat di dalam ruangan.

Batangnya dapat tumbuh hingga sepanjang satu meter di dalam ruangan. Tampilan daunnya kecil mengkilap, mempersegar suasana ruangan.

Tanaman itu akan tumbuh dengan baik di dalam ruangan karena hanya membutuhkan cahaya dengan intensitas rendah untuk berkembang biak.

Kemudian, tebalnya daun tanaman dolar karena digunakan untuk menyimpan air, sehingga tidak perlu sering disiram. Seperti halnya sirih gading, tanaman ini juga hanya perlu dipangkas secara teratur.

Lidah Buaya

Siapa yang tidak tahu lidah buaya? Tanaman ini banyak sekali manfaatnya. Selain daunnya bisa dimanfaatkan juga bisa menambah asri lingkungan Kamu.

Lidah buaya menyukai panas matahari, namun jangan terlalu sering disiram karena justru cepat mati. Bahkan, tidak masalah jika tanah tempat tumbuhnya lidah buaya dibiarkan kering.

Tanaman hias di atas bisa menjadi langkah awal bagi pemula yang ingin merawat tanaman, terutama tanaman hias. Semua tanaman tersebut tidak memerlukan perhatian khusus dalam perawatannya, namun pemilik tanaman harus tetap bertanggung jawab atas kehidupan tanamannya. (Reporter: Fiolita Dwina Astari)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Upaya BIN Tanamkan Nasionalisme Generasi Muda

Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) terus berupaya untuk menanamkan semangat dan rasa nasionalisme kepada para generasi muda...
- Advertisement -

Baca berita yang ini