Bratawali
Bratawali

MATAINDONESIA, JAKARTA – Di tengah kemajuan teknologi saat ini, obat herbal masih menjadi andalan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Karena dinilai mampu meminimalisir dampak negatif dari pemakaian obat sintetik.

Pengobatan tradisional sudah lama ada di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan adanya tulisan-tulisan mengenai pengobatan tradisional yang diukir di atas prasasti.

Tanah Indonesia merupakan tanah yang subur, bahkan penggalan lirik sebuah lagu yang berbunyi “tongkat, kayu, dan batu jadi tanaman” mencerminkan kesuburan tanah di negeri tercinta ini. Berbagai jenis tanaman dapat tumbuh dengan lebat.

Begitu pula dengan tanaman herbal, banyak jenis tanaman herbal yang tumbuh di Indonesia. Mereka memiliki khasiatnya tersendiri dalam mengobati berbagai penyakit. Berikut beberapa tanaman herbal yang dapat ditemukan di Indonesia.

1. Bratawali

Tumbuhan dengan nama latin Tinospora Crispa ini tumbuh di tempat yang panas. Terkandung alkaloid, pati, damar lunak dan berbagai kandungan lainnya di dalam tumbuhan yang dimanfaatkan batangnya ini. Memiliki rasa yang pahit, namun bratawali punya segudang khasiat seperti mengobati rheumatik, demam kuning (icteric), kencing manis, kudis, maupun luka.

2. Cengkih

Tumbuhan ini menjadi primadona di Indonesia dan tumbuh subur di Maluku. Cengkih dimanfaatkan pada bagian buganya. Beberapa kandungan yang terdapat di dalamnya, yakni eugenol, asam oleanolat, dan asam galotanat. Kandungan ini bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit kolera dan campak. Selain itu, cengkih memiliki manfaat di bidang kecantikan, yakni untuk menghitamkan alis.

3. Daun Kentut

Seperti namanya, tumbuhan ini jika diremas daunnya akan mengeluarkan bau tak sedap seperti bau kentut. Selain digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit, daun ini juga biasa dikonsumsi di daerah tertentu. Penyakit yang dapat diobati oleh daun ini, seperti masuk angin, mata bengkak, cacar ular, gastritis, kembung dan disentri.

4. Jarak

Tanaman dengan bentuk daun menjari ini hampir semua bagian tanamannya bisa dimanfaatkan. Mulai dari biji, akar, daun, hingga minyak dari bijinya. Jarak berkhasiat mengobati koreng, kelumpuhan otot wajah, dan kandungan turun (prolapsus uteri). Jarak juga mangadung senyawa yang berguna sebagai anti kanker dan dapat menghilangkan racun.

5. Kencur

Kencur atau biasa disebut cikur dalam bahasa Sunda selain digunakan sebagai bahan makanan bisa juga dimanfaatkan sebagai alternatif pengobatan. Kencur berkhasiat mengobati penyakit radang lambung, radang hidung, batuk, diare, memperlancar haid pada wanita, dan menghilangkan lelah.

Reporter: Diani Ratna Utami

 

 

 

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here