Tak Disangka, Ini Manfaat Memelihara Anjing

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Konon, anjing adalah binatang yang setia, sehingga banyak orang menjadikannya sebagai peliharaan. Ternyata bukan itu saja kelebihannya, anjing juga bermanfaat bagi kesehatan lho! Nah, berikut ini beberapa manfaat memelihara anjing.

  1. Memperbaiki Kesehatan

Memiliki anjing bisa membantu menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol, dan trigliserida, sehingga baik untuk kesehatan jantung secara keseluruhan dan mencegah serangan jantung.

  1. Membuat Fit dan Aktif

Menurut pakar kesehatan, orang dewasa butuh waktu 2,5 jam seminggu untuk berolahraga. Pemilik anjing pasti bisa mencapai sasaran itu karena banyak dari mereka yang senang berjalan-jalan atau bermain dengan anjingnya.

  1. Meningkatkan Kehidupan Sosial

Ketika usia bertambah, orang makin sulit untuk keluar rumah dan bergaul. Tidak demikian halnya dengan pemilik anjing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 40% pemilik anjing adalah orang yang mudah bergaul.

  1. Mengurangi Stres

Anjing adalah media efektif untuk mengurangi stres. Bermain dengan binatang peliharaan selama beberapa menit mampu menurunkan kegelisahan dan tekanan darah, meningkatkan kadar serotonin dan dopamin, dua jenis hormon yang bisa membuat Anda tenang.

  1. Menghilangkan Sepi

Semakin bertambahnya usia, terutama setelah pensiun, banyak orang yang merasa kehilangan arti kehidupan. Apalagi bila tinggal jauh dari anak-anak. Anjing pun menjadi teman yang baik sehingga mereka yang berusia senja tak merasa kesepian dan terasing.

  1. Mencegah Depresi

Para pemilik anjing dipercaya lebih kebal terhadap depresi, karena memelihara hewan itu bermanfaat untuk kesehatan secara umum. Alasan itu juga yang membuat anjing dijadikan hewan terapi bagi mereka yang memiliki masalah mental.

  1. Melawan Penyakit

Konon anjing bisa mendeteksi masalah kesehatan pada tuannya. Beberapa jenis anjing sudah dilatih khusus sehingga bisa mengendus bila pemiliknya ada masalah dengan ginjal, kanker kulit, prostat, dan saluran kencing sehingga sang pemilik bisa melakukan antisipasi.

 

Reporter : Anastasia Irawati

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini