Tak Boleh Mandi saat Terkena Cacar, Mitos atau Fakta?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Penyakit cacar merupakan fenomena yang tak jarang terjadi di Indonesia. Biasanya, penyakit ini sering menimpa anak-anak.

Cacar merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh virus. Jika biasanya masyarakat lebih mengenal cacar air, kamu harus tahu bahwa ada jenis cacar api atau juga disebut sebagai herpes zoster.

Saat terkena cacar, orang Indonesia sering kali melarang anak atau keluarga mereka untuk mandi. Mereka percaya bahwa saat kulit terkena cacar, maka mandi adalah sesuatu yang dilarang.

Lantas, benarkah saat cacar pasien dilarang untuk mandi? Mitos atau fakta?

dr. Anthony Handoko, Sp.KK selaku CEO Klinik Pramudia mengatakan, tak boleh mandi saat mengalami cacar hanyalah mitos belaka. Justru, saat mengalami cacar, pasien harus menjaga kebersihan kulit termasuk dengan mandi.

“Kita harus mandi, jaga kebersihan kulit, harus higienis biar gak semakin menimbulkan jamur dan bakteri,” kata Anthony saat Webinar pada Kamis 8 April 2021.

Ia mengatakan mitos untuk tidak mandi saat mengalami cacar harus dipatahkan. Pasalnya, jika tidak mandi, kulit akan kotor dan justru membuat jamur dan kuman semakin banyak dan bisa memperparah keadaan.

“Meski sedikit berat saat kulit sakit masih harus mandi, itu penting,” ucapnya.

Meski begitu, mandi saat sedang cacar sedikit berbeda. Kamu harus menggunakan sabun khusus dengan ph yang cocok untuk mengurangi rasa perih. Kemudian, hindari mandi air panas agar kulit tak menjadi semakin kering.

“Jika air terlalu panas, nanti malah semakin merah dan iritasi. Jadi, alirkan saja air keseluruh tubuh dengan perlahan, dan gunakan sabun khusus,” kata Anthony.

Dengan demikian, tak boleh mandi saat mengalami cacar hanyalah mitos. Kamu harus tetap membersihkan diri dengan air dan sabun untuk menjaga kehigienisan kulit agar tidak semakin parah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini