Susah Move On? Ini Doa-doa untuk Melupakan Mantan

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Setiap orang pasti pernah merasakan indahnya jatuh cinta. Saat-saat di mana kita merasa bahagia telah dicintai dengan sepenuh hati oleh orang lain.

Namun, tak semua jatuh cinta berakhir dengan indah. Terkadang, roda hidup berada di atas, namun sesaat kemudian bisa langsung berada di bawah.

Meski begitu, kita harus memahami bahwa di segala kesedihan pasti ada cara untuk menyembuhkannya. Selain berbagi kesedihan kita pada orang yang kita percaya, kita juga perlu untuk selalu berbaik sangka dan memohon yang terbaik kepada Allah SWT.

Salah satunya dengan membaca doa yang diajarkan Rasulullah ini. Doa ini tercantum dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim.

اللَّهُمَّ أْجُرْنِى فِى مُصِيبَتِى وَأَخْلِفْ لِى خَيْرًا مِنْهَا

“Ya Allah, berilah aku pahala dalam musibahku ini dan berilah ganti yang lebih baik daripadanya.” – (HR. al-Bukhari dan Muslim).

Pada saat itu, Ummu Salamah berdoa sebagaimana yang diajarkan Muhammad SAW di atas. Terbukti, akhirnya Allah SWT mengabulkan doanya dengan menghadirkan seorang pendaping hidup yang lebih baik untuk Ummu Salamah.

Adapun, jika kalian ingin segera melupakan seseorang yang meninggalkanmu, kamu juga bisa membaca doa berikut:

يَمْحُوا اللَّهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ أُمُّ الْكِتَابِ

“Allah menghapuskan apa yang Dia kehendaki dan menetapkan (apa yang Dia kehendaki), dan di sisi-Nya-lah terdapat Ummul-Kitab (Lauh Mahfuzh).” – (QS 13:39).

Bila hati kalian masih gundah merana dan masih belum bisa melupakan mantan, cobalah membaca doa berikut:

للَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

“Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari rasa sesak dada dan gelisah, dan aku berlindung pada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, dan aku berlindung pada-Mu dari sifat pengecut dan kikir, dan aku berlindung pada-Mu dari belenggu hutang dan tekanan manusia.” – (HR. Abu Daud no. 1557).

Demikian doa yang bisa kita amalkan saat hati sedang merasa sedih dan galau. Yakinilah, bahwa di balik setiap musibah, kesulitan dan persoalan hidup lainnya terdapat hikmah besar dan balasan yang lebih baik dari Allah SWT untuk hamba-Nya. Semoga bermanfaat! (Dinda)

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini