Suka Olahraga Ekstrem? Uji Adrenalin dengan Bungee Jumping

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Suka dengan aktivitas yang menantang adrenalin? Terjun Lenting atau bungee jumping bisa menjadi salah satu pilihan olahraga ekstrem yang memacu adrenalin dan wajib kamu coba.

Pada praktiknya, seseorang akan terhempas dari sebuah tempat yang tingginya berpuluh-puluh bahkan ratusan meter dengan penunjang keselamatan berupa tali elastis, lalu dikaitkan di badan atau pergelangan kaki pada ujung tali.

Bungee jumping modern pertama kali dilakukan pada tanggal 1 April 1979 dari jembatan Suspensi Clifton setinggi 215 kaki atau setara dengan 76 meter di Bristol, oleh David Kirke, Geoff Tabin, dan Simon Keeling yang merupakan anggota Oxford University Dangerous Klub Sport.

Mereka mengemukakan ide tersebut setelah membahas “ritual melompat” yang dilakukan oleh penduduk asli Vanuatu. Tak lama berselang, para pelompat ditangkap, namun berlanjut dengan lompatan di AS dari Jembatan Golden Gate dan Jembatan Royal Gorge, hingga tersebarlah konsep ini ke seluruh dunia.

Peluncuran bungee jumping komersial pertama kali dilakukan A.J Hackett, yang dikenal sebagai pionir olahraga bungee jumping, melakukan lompatan perdananya dari Jembatan Greenhithe Auckland pada tahun 1986. Setelah melakukan beberapa lompatan di berbagai tempat, Hackett membangun ketertarikan warga terhadap olahraga tersebut, serta membuka web bungee komersial permanen awal di dunia, Jembatan Kawarau Bungy di Jembatan Suspensi Kawarau Gorgeous dekat Queenstown di Pulau Selatan Selandia Baru.

Jembatan Sungai Bloukrans adalah jembatan pertama yang menjadi ‘bungee jumped off’ di Afrika pada tahun 1990. Jembatan Bloukrans Bungy telah dioperasikan secara komersial oleh Face Adrenalin sejak 1997, dan menjadi jembatan bungee jumping komersial tertinggi di dunia.

Berikut top 5 rekomendasi tempat bungee jumping paling ekstrem dan terbaik di dunia:
1. Niouc Bridge, Switzerland
2. Sky Breakers, Finland
3. Royal Gorge Bridge, AS
4. Macau Tower, China
5.Bloukrans Bridge, Afrika Selatan

Di Indonesia, bungee jumping sudah lumayan tenar beberapa tahun belakangan dan tak sulit untuk menemukan spot melompat. Ada beberapa spot bungee jumping di Indonesia yang bisa kamu coba, di antaranya adalah:

1. Jalan Pura Puseh, Seminyak, Bali
2. Jalan Arjuna, Seminyak, Bali
3. Jalan Benasari, Kuta, Bali
4. Jembatan Rajamandala, Bandung
5. Jembatan Gantung Lau Hulung, Deli Serdang

Gimana? Minat mencoba? Meskipun menakutkan, tak ada salahnya untuk mencoba olahraga ekstrem satu ini sekali seumur hidup. Tapi jangan coba-coba melakukan bungee jumping jika kamu memiliki lemah jantung atau tekanan darah tinggi, karena sangat berbahaya.

Reporter: Khansa Dhiya Sasikirana

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini