Sudah Minum Kopi Tapi Masih Ngantuk? Ini Alasannya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Saat ngantuk sudah tak tertahankan dan masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, kamu pasti mengincar kopi untuk tetap on dan terjaga. Pasalnya, kopi dikenal bisa menahan rasa kantuk apalagi saat ngantor dan kerjaan masih menumpuk.

Tapi, pernahkah kamu merasa tetap mengantuk padahal sudah minum kopi cukup banyak? Ternyata ada beberapa alasan mengapa minum kopi tidak mempan untuk menahan kantuk loh!

Pada dasarnya, zat yang terkandung pada kopi dan membuat kamu jadi terjaga ialah kafein. Kafein adalah zat stimulan yang merangsang aktivitas pada sistem saraf pusat. Kamu pun akan merasa lebih bertenaga untuk sementara waktu.

Zat kafein yang masuk ke tubuh akan menggeser zat adenosin yang gunanya membuat tubuh mengantuk dan beristirahat. Namun, hadirnya kafein justru membuat tubuh jadi segar dan terjaga.

Sayangnya, tak semua orang merasakan hal yang sama jika meminum kopi. Mereka justru masih lesu dan mengantuk seolah-olah zat kafein itu tak berpengaruh ke tubuh.

Jika mengalami hal itu, ada beberapa kemungkinan yang menyerang tubuhmu, yakni kurang tidur dan kondisi tubuhmu yang memang sulit mencerna kafein.

Dilansir dari Hello Sehat, buat orang-orang yang kurang tidur, secangkir kopi sudah tidak berpengaruh lagi pada sistem sarafnya. Menurut penelitian di Academy of Sleep Medicine dan Sleep Research Society di Amerika Serikat (AS), semakin kamu kurang tidur, tubuh akan semakin memproduksi senyawa adenosin pada tubuh.

Sehingga tubuh menjadi sangat lelah dan mengantuk membuat zat kafein yang dikonsumsi jadi mubazir. Sebab, zat tersebut tak mendapatkan tempat di saraf kamu.

Nah itulah mengapa, meskipun kamu sudah minum kopi, rasa kantukmu tetap tidak hilang. Maka, istirahatlah yang cukup dan jangan melawan rasa kantuk terlalu berlebihan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini