Masya Allah! Intip Keindahan Masjid Warna-warni di Berbagai Negara

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Seiring perkembangan zaman, konstruksi dan desain masjid pun dibuat menjadi lebih hidup dan berwarna. Pemandangan yang memanjakan mata ini bisa ditemui pada beberapa masjid yang ada berbagai negara.

Berikut adalah daftar beberapa masjid indah yang didesain dengan beragam warna di berbagai negara.

Masjid Nasir Al-Mulk – Iran

Masjid satu ini didominasi warna pink dari luar hingga ke bagian interiornya. Interior masjid terlihat sangat cantik dengan sentuhan ukiran dan seni keramik dengan motif geometris di bagian langit-langit. Anda bisa melihat paduan warna dan desain yang menakjubkan pada langit-langit masjid ini.

Selain itu, jendela kaca dengan desain geometris tampak mengelilingi masjid. Cahaya matahari yang menembus dari kaca membuat pantulan warna-warni masuk ke dalam masjid.

Anda bisa melihat karpet dalam masjid merefleksikan desain kaca beserta warna-warnanya. Pembangunan masjid pink ini terjadi pada abad 19 di mana Islam sedang jaya-jayanya.

Masjid Sheikh Zayed – Uni Emirat Arab

Masjid Sheikh Zayed ini adalah masjid terbesar dan termegah di Uni Emirat Arab. Bangunan ini berada di Abu Dhabi. Masjid dibangun oleh Sheikh Zayed Bin Sultan Al Nahyan, pendiri Uni Emirat Arab.

Bangunan masjid didominasi warna putih dan emas. Dikeliling kolam yang berfungsi memantulkan cahaya lampu saat malam tiba.

Masjid Kristal Terengganu – Malaysia
Diklaim situs When On Earth sebagai salah satu masjid terindah di dunia, Masjid Kristal Terengganu memang memiliki keindahan yang berbeda. Keseluruhan masjid ini dibangun dengan kaca dan baja, sehingga menampilkan ilusi bercahaya bak kristal saat tertimpa cahaya matahari.

Crystal mosque in Kuala Terengganu, Malaysia

Di malam hari, Masjid Kristal tampak seperti istana dongeng dari negeri 1001 malam berkat lampu warna-warni yang membuat tempat ibadah tersebut bermandikan cahaya biru, kuning, hijau, dan merah muda.

Masjid Kristal terletak di kota pesisir Kuala Terengganu, negara bagian Terengganu. Bangunan masjid didirikan di kompleks Taman Tamadun Islam, tepatnya di atas pulau buatan yang disebut Wan Man. Di sebelahnya mengalir Sungai Terengganu yang bersih.

Masjid Sultan Ahmed Camii – Turki

Sultan Ahmed Camii atau lebih dikenal sebagai Blue Mosque merupakan salah satu bangunan termegah di Turki. Masjid ini merupakan salah satu peninggalan zaman kejayaan Dinasti Ottoman yang masih berfungsi hingga saat ini.

Blue Mosque dibangun pada masa pemerintahan Sultan Ahmed I. Tempat ibadah ini disebut sebagai kembaran Hagia Sophia di Istanbul.

Masjid Shah Cheragh – Iran
Jika dilihat dari luar, Shah Cheragh mungkin tampak seperti masjid kuno biasa dengan kubah biru yang cukup indah. Namun jika dilihat dari dalam, masjid ini tampak seperti istana kristal hijau.

Shah Cheragh adalah monumen dan masjid dengan arsitektur menakjubkan yang ada di Shiraz, Iran. Dilansir Bored Panda, masjid ini dijuluki ‘raja cahaya’ karena interiornya yang berkilauan. Kristal hijau yang menghiasi dinding dan langit-langit saling memantulkan cahaya, menciptakan ilusi optik yang memukau dari berbagai sudut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini