Studi: Olahraga Tenis Diklaim Bisa Bikin Panjang Umur, Benarkah?

Baca Juga

MATAINDONESIA, JAKARTA-Banyak peniliti mengklaim bahwa semua olahraga bisa memberikan efek seseorang bisa panjang umur. Nah, berdasarkan studi terbaru yang dipublikasi di jurnal Mayo Clinic Proceedings, merilis bahwa olahraga tenis yang paling berdampak memberikan umur panjang.

Pemimpin studi dr Peter Schnohr mengetahuinya setelah memeriksa data 25 tahun dari 9.000 orang di Copenhagen Heart Study. dr Peter membagi data peserta ke dalam delapan kelompok yaitu mereka yang olahraga tenis, badminton, sepak bola, bersepeda, renang, joging, kalistenik, dan gym setelah itu dibandingkan rata-rata panjang umurnya.

Diketahui bahwa orang-orang yang olahraga tenis memiliki peningkatan angka harapan hidup paling panjang di antara kelompok lain yaitu sekitar 9,7 tahun, diikuti oleh badminton 6,2 tahun dan sepak bola 4,7 tahun. Peneliti sebelumnya sudah memperhitungkan faktor lain seperti kebiasaan merokok, umur, jenis kelamin, penghasilan dan status edukasi.

Mengapa tenis memberikan manfaat peningkatan angka harapan hidup yang paling panjang? dr Peter belum menemukan jawaban pasti namun menurutnya kemungkinan ini berkaitan dengan aspek sosial yang diberikan olahraga tersebut.

“Para pemain tenis, mungkin mereka usai latihan menghabiskan waktu bersama minum-minum. Ya minimal olahraga ini memerlukan dua orang,” kata dr Peter seperti dikutip dari ABC Australia.

Olahraga yang dilakukan bersama teman dalam beberapa studi lain memang dibuktikan bisa lebih bermanfaat. Ini karena ada kebutuhan sosial yang juga jadi terpenuhi membuat olahraga terasa menyenangkan dan stres terkelola dengan baik.

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini