Studi: Olahraga 15 Menit Per Hari Dapat Mencegah Depresi

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Olahraga memiliki manfaat yang banyak sekali bagi kesehatan tubuh. Bahkan, studi terbaru mengungkapkan bahwa olahraga juga bermanfaat bagi kesehatan mental.

Studi terbaru JAMA Psychology menunjukkan bahwa mengganti kebiasaan sedentari dengan aktivitas fisik bahkan hanya dalam waktu 15 menit dapat mengurangi risiko depresi.

“Aktivitas fisik yang lebih tinggi berkaitan dengan rendahnya peluang depresi,” ujar studi tersebut.

Nah, hal itu menunjukan bahwa dengan berolahraga seseorang bisa terhindar dari depresi, untuk itu gaes mulai saat ini mulai kembali melakukan rutinitas berolahraga.

Selanjutnya para peneliti beralih ke UK Biobank, basis data besar-besaran yang meliputi sampel genetik dari hampir 400.000 pria dan wanita. Mereka ingin menjabarkan faktor-faktor spesifik penyebab depresi dan manfaat olahraga.

Hasilnya menunjukkan bahwa partisipan yang memiliki gaya hidup aktif bergerak, jarang terkena depresi.

Walaupun olahraga selama 15 menit setiap hari dapat menangkal masalah mental, tapi agar mendapat hasil yang maksimal, setidaknya dibutuhkan satu jam jika aktivitas fisik yang dilakukan sangat ringan seperti berjalan kaki.

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini