Studi: Menangis Pada Jam 7-10 Malam Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Baca Juga

MATAINDONESIA, JAKARTA-Memiliki berat badan yang ideal memang menjadi impian semua orang, khususnya para wanita. Segala cara ditempuh untuk mendapatkan berat badan ideal, mulai dari diet hingga operasi menghilangkan lemak. Tapi ternyata ada cara simpel menurunkan berat badan yang jarang diketahui orang.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam AsiaOne, orang-orang bisa kehilangan berat badan dengan cara menangis dan melampiaskan emosinya. Ketika menangis, hormon kortisol dilepaskan oleh tubuh dapat membantu menghilangkan lemak.

Selain itu, air mata yang dibarengi dengan pelepasan stres juga bisa membantu menghilangkan zat beracun dari dalam tubuh. Temuan pada penelitian ini didukung oleh ahli biokimia terkenal, William Frey.

Dikutip dari Times of India, para peneliti menegaskan, air mata yang dapat membantu menghilangkan lemak hanyalah air mata yang benar-benar tulus meluapkan emosi.

Saat istirahat, otot jantung dapat mampu membakar sekitar 8,5 kalori dalam satu jam. Namun saat tubuh secara emoisonal tertekan, detak jantung bisa meningkat, yang artinya dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar juga.

Nah yang perlu diketahui lagi, ada waktu terbaik untuk melepaskan emosi negatif dengan menangis. Penelitian itu menyebutkan pada pukul 7-10 malam adalah waktu puncak pelepasan hormon kortisol paling banyak.

Air mata yang merupakan air mata emosional juga bisa sebagai obat penghilang rasa sakit atau hormon endorfin alami yang disebut enkephalin.

“Air mata emosional mengandung konsentrasi protein, mangan, dan hormon prolaktin yang lebih tinggi, yang dihasilkan selama bahaya atau rangsangan yang disebabkan oleh stres,” kata Dr Carrie Lane dari University of Texas.

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini