Ilustrasi Putus
Ilustrasi Putus.

MINEWS, JAKARTA – Tak sedikit orang memilih untuk menjalin pertemanan dengan mantan kekasih. Padahal, ternyata jika dilihat dari sudut pandang penelitian ini bisa berdampak tidak baik lho.

Berdasarkan penelitian, berteman dengan mantan pacar justru akan berdampak buruk secara psikologis. Menurut terapis dan penulis Temptations Single Gir, Nia Atwood, berteman dengan mantan pacar hanya akan mendatangkan perasaan sakit dan lebih hancur dari sebelumnya.

“Menjadi teman setelah perpisahan itu bakal memperdalam luka akibat perpisahan. Sebab, keintiman emosional dan ketertarikan seksual sangat mungkin terjadi kembali dengan mudah,” kata Nina, dikutip Selasa, 26 Maret 2019.

Mendukung pernyataan Nia Atwood, hal senada juga diungkapkan oleh psikolog Juliana Breines. Menurutnya, berteman dengan mantan kekasih hanya akan membawa luka yang disebabkan perasaan cemburu dan cemas.

Pakar hubungan, Lindsay Kriger pun menyarankan untuk tidak menjalin pertemanan dengan mantan kekasih. Menurutnya, cara terbaik untuk menjalani hidup adalah dengan menghapus “jejak” beberapa orang penting dalam hidup kita, termasuk mantan kekasih.