Soma, Kota di Jepang yang Hancur karena Tsunami namun Berhasil Vaksinasi Mayoritas Warganya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Soma merupakan kota yang letaknya berada 240 kilometer di utara Tokyo, Jepang yang hancur oleh tsunami pada tahun 2011 lalu. Meski demikian, kota ini bangkit dan terus berbenah sehingga mampu meredam pandemi Covid-19.

Kota kecil ini berhasil melampaui rata-rata vaksin nasional dengan menjadikan bencana tsunami itu sebagai pelajaran. Wakil Walikota Katsuhiro Abe di Reuters, mengemukakan bahwa bencana tersebut menjadikan Soma lebih waspada sehingga terus meningkatkan komunikasi dan perencanaan yang jelas.

Koordinasi terus dilakukan bersama dengan profesional yang bekerja di sektor medis. Tidak hanya itu, mereka juga tetap menunggu rencana dari Tokyo.

“Saya tidak tahu apakah Anda akan mengatakan bahwa kami tidak dapat melakukan ini jika bukan karena bencana gempa bumi,” kata Abe.

Para pemimpin dan dokter di Kota Soma mulai menyusun perencanaan untuk menjalankan latihan inokulasi sebelum vaksin disetujui. Pemerintah mulai mendirikan pusat vaksinasi dan melestarikan tenaga medis. Sementara penduduk dipanggil oleh blok kota tanpa harus reservasi. Tidak hanya itu, bus juga dikirimkan bagi penduduk yang tidak dapat melakukan perjalanan sendiri.

Hal ini memperlihatkan bahwa penduduk di Soma terus saling menjaga sementara pejabat kotanya terus mengoptimalkan manajemen krisis.

Adapun, kota ini sudah menginokulasi 84 persen lansia. Angka ini jauh lebih tinggi dari persentase nasional yang hanya 28 persen. Sementara generasi muda ditargetkan terjangkau pada akhir Juli tepat saat Olimpiade.

Perdana Menteri Yoshihide Suga juga menginginkan agar populasi lansia di Jepang bisa divaksinasi sepenuhnya pada bulan Juli dan orang dewasa pada bulan November.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini