Ilustrasi Tidur

MATA INDONESIA, JAKARTA – Orang yang kelelahan atau tidur dengan nyenyak sering kali mendengkur atau mengorok. Hal ini terkadang bisa mengganggu orang lain yang tidak suka dengan kebisingan akibat suara dengkuran.

Dilansir dari Alodokter, mendengkur atau ngorok adalah kondisi ketika seseorang mengeluarkan suara kasar ketika tidur. Kondisi ini merupakan dampak dari terhalang atau menyempitnya saluran pernapasan.

Mendengkur dapat dialami oleh setiap orang, dan biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Namun, kondisi ini juga dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan lain, termasuk sleep apnea.

Namun jangan khawatir, dalam kanal YouTube SB30 Health dijelaskan solusi untuk mengatasi mendengkur sebagai berikut :

1. Diet / Pola Makan

Diet yang dilakukan untuk atasi mengorok tidak sama dengan diet menurunkan berat badan. Diet yang dimaksud adalah mengatur pola makan. Bagi mereka yang memiliki masalah dengan mendengkur, pola makan yang dianjurkan dr. Sung adalah pola makan yang tinggi serat dan mengandung karbohidrat kompleks.

Makanan yang dapat dikonsumsi seperti buah-buahan seperti buah bit, kol, wortel, ubi jalar, kemudian buah-buahan seperti papaya, nanas, strawberry, dan jeruk nipis. Buah-buahan ini akan membantu untuk mengatasi mendengkur atau mengorok dikala tidur.

Selain buah-buahan yang disebutkan tadi, bisa juga menggunakan bumbu dapur yang biasa digunakan sehari-hari seperti jahe, bawang putih, bawang bombay, dan daun kemangi. Makanan ini dapat melawan peradangan pada tubuh. Kemudian bisa juga dengan mengkonsumsi the chrysanthemum yang berasal dari bunga chrysanthemum. Teh ini juga sangat bagus untuk dikonsumsi.

Ada beberapa makanan yang perlu dihindari untuk mengatasi dengkuran, yaitu makanan yang mengandung pengawet dan pewarna. Kemudian, makanan yang mengandung susu atau produk turunan susu juga tidak baik untuk orang yang sering mendengkur. Karena, susu atau produk turunan susu dapat meningkatkan produksi lendir/dahak atau demness.

2. Kegiatan yang Dilakukan di Rumah

Setiap bangun pagi, lakukanlah olahraga kecil. Orang yang rutin berolahraga akan membuat kualitas tidur menjadi lebih baik.

Sebelum tidur, kamu juga bisa membersihkan hidung. Mengatur jadwal atau pola tidur dengan baik agar tubuh terbiasa dengan hal tersebut. Kemudian tidurlah dengan posisi menyamping atau miring.

Bagi orang yang sering mendengkur, tidur dengan posisi terlentang akan meningkatkan frekuensi mendengkur. Usahakan posisi tidur menyamping, bisa juga dengan memeluk guling atau mengatur posisi dengan nyaman. Selain itu jangan menggunakan bantal yang terlalu tinggi, karena akan menghambat aliran pernapasan.

3. Suplemen

Suplemen yang dapat dikonsumsi di rumah diantaranya adalah kromium. Kromium dapat membantu masalah mendengkur dan menurunkan kadar gula di dalam tubuh.

Suplemen lainnya adalah omega-3. Omega-3 dapat meredakan peradangan dan pembengkakan selaput di saluran pernapasan.

Kemudian ada bromelain yaitu enzim yang terdapat pada buah nanas yang dapat membantu meredakan peradangan juga. Suplemen kuersetin yaitu, antioksidan yang terdapat pada buah-buahan seperti apel, dan bermacam-macam buah berry, seperti strawberry, blueberry, dan sebagainya.

Kemudian vitamin c dapat membantu sistem pernapasan dan sistem kardiovaskular. Kardiovaskular merupakan sistem kerja jantung dan pembuluh darah.

4. Terapi Herbal

Terapi herbal yang dianjurkan dr. Sung adalah teh peppermint dan sedikit jahe. Kamu bisa meminumnya sebelum tidur di malam hari yang bisa dibuat sendiri di rumah. Teh ini akan mengurangi peradangan pada saluran pernapasan.

5. Olahraga yang Dapat Dilakukan

Lakukanlah olahraga seperti jalan cepat, Tai Chi atau Chi Kung. Orang yang biasa melakukan olahraga ini pasti akan memiliki kualitas tidur yang baik.

6. Hal-Hal yang Perlu Dihindari

Hal yang perlu dihindari yang pertama adalah ngemil di malam hari. Kemudian alkohol dan rokok. Bagi yang suka minum disaat sedang stress tolong bisa dihentikan agar tidak mengorok atau mendengkur pada saat tidur. Hindari obat-obatan seperti muscle relaxant yaitu, obat yang menyebabkan relaksasi pada otot.

7. Essential Oil

Bisa dilakukan dengan mencampur minyak kelapa dengan berbagai essential oil seperti eucalyptus atau minyak kayu putih. Kemudian thyme, ginger atau jahe, lavender, dan chamomile.

Setelah itu kamu dapat oleskan atau gosok di bagian leher dan dada bagian atas untuk membantu saluran pernapasan agar bekerja lebih baik. Dengan melakukan hal tersebut, dapat meningkatkan kualitas tidur lebih baik dan mengurangi frekuensi mendengkur di malam hari.

Selain mengganggu orang lain, mendengkur juga dapat merugikan diri sendiri. Dengan mendengkur dapat menurunkan kualitas tidur dan membuat seseorang jadi mengantuk saat beraktivitas.

Rasa kantuk ini akan meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan, baik saat bekerja maupun berkendara sehingga merugikan diri sendiri dan orang lain. Sebelum terlambat, yuk ikuti solusinya.

Reporter: Ananda Sri Maulida

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here