Maudy Ayunda (Foto: Istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Penyanyi Maudy Ayunda rupanya mendukung langkah Presiden Joko Widodo dalam mengatasi pandemi corona di Indonesia. Meski kini tengah berada di Amerika Serikat, pelantun ‘Perahu Kertas’ ini ikut memantau pemberitaan dari jauh.

“Lihat berita, kayaknya Jokowi mau beli obat, langkah bagus, testing atau lockdown. Pasti banyak tantangan buat ekonomi kita,” ujar Maudy Ayunda dalam siaran langsung di akun V Live, Sabtu 21 Maret 2020.

Penyanyi yang sedang menjalani studi di Stanford University mendukung langkah Jokowi yang akan melakukan rapid test Covid-19 secara massal. Ia berharap langkah itu berjalan dengan lancar dan sesuai harapan.

“Pilihannya dua, kalau nggak ekstrem lockdown atau massive testing,” sambungnya lagi.

“Jokowi milihnya testing, saya rasa kalau diterapkan dengan baik akan bagus, mudah-mudahan aja,” ungkap Maudy Ayunda.

Sebelumnya, juru bicara pemerintah untuk virus Corona Achmad Yurianto mengatakan, sekitar 600-700 ribu orang beresiko terinfeksi Covid-19. Pemeritah pun sudah mulai melakukan tes massal di daerah yang rawan.

Yuri mengatakan, tidak semua orang akan diperiksa Covid-19. Namun, hanya mereka yang beresiko.

“Ini akan dilakukan melalui analisa risiko, tidak semua orang diperiksa. Ini penjajakan awal, pemeriksaan massal,” ujar Yuri dalam konferensi persnya di Gedung BNPB, Jumat 20 Maret 2020.

Metode yang digunakan, kata Yuri, berbeda dengan tes pasien yang positif corona. Masyarakat yang akan melakukan rapid test, akan diperiksa lewat darah.

“Akan diperiksa melalui darah dengan alat kit, sehingga kurang 2 menit hasilnya ketahuan,” ujar dia.

Rapid test ini merupakan screening awal untuk menemukan kasus yang terpotensi positif Covid-19. Apabila hasil screening dinyatakan positif, kata Yuri, maka pasien akan kembali diperiksa dengan metode VCR. Sebab seseorang yang sudah sembuh juga masih bisa terditeksi positif Covid-19.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here