Soal dan Jawaban Materi Pembagian Pecahan dan Desimal 4-6 SD di TVRI 18 September 2020
Soal dan Jawaban Materi Pembagian Pecahan dan Desimal 4-6 SD di TVRI 18 September 2020

MATA INDONESIA, JAKARTA – Program Belajar dari Rumah TVRI hingga kini masih terus berlanjut di masa new normal corona (covid-19).

Berikut soal dan kunci jawaban materi ‘Uang dan Kegiatan Jual Beli’ di TVRI untuk kelas 4-6 SD pada Rabu, 4 Agustus 2020, dilansir dari Kemdikbud :

1. Jika kamu memiliki uang untuk ditabung, kamu lebih memilih menyimpannya di celengan atau di bank? Jelaskan alasanmu!

Opsi 1:
Saya lebih memilih menyimpan uang di celengan karena lebih mudah ketika ingin menabung. Tinggal memasukkan uang ke celengan.

Opsi 2:
Saya lebih memilih menyimpan uang di bank karena lebih aman. Apalagi jika uang yang ditabung dalam jumlah besar.

2. Jelaskan cara membedakan kebutuhan dan keinginan! Lalu, apa yang harus dilakukan agar keinginan kita tetap terkontrol dengan baik?

Kebutuhan adalah hal dasar yang harus dipenuhi untuk tetap hidup. Contoh kebutuhan antara lain, makan, minum, pakaian, rumah, sekolah.

Sedangkan keinginan adalah kebutuhan lebih yang ingin dipenuhi pada suatu hal yang dianggap kurang. Keinginan tidak mengikat dan tidak harus dipenuhi.

Sebagai contoh, orang harus memenuhi kebutuhan makan, tapi tak harus memenuhi keinginan untuk memiliki hp mahal.

Agar keinginan tetap terkontrol, kita harus belajar berhemat. Selain itu, harus membiasakan diri menulis daftar kebutuhan dan keinginan.

3. Saat ini kita berada di era digital, proses jual-beli dapat dilakukan tanpa harus bertatap muka antara penjual dan pembeli. Bagaimana pendapatmu tentang jual-beli daring atau online? Apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Kelebihannya:
Kita bisa menjangkau produk tanpa perlu buang tenaga dan mengeluarkan biaya mahal untuk akses transportasi.

Kekurangannya:
Belanja online membuat pembeli lebih rentan tertipu. Penipuan bisa beraneka macam, mulai dari gambar yang tidak sesuai kenyataan, hingga barang yang tidak dikirim.

Selamat belajar dan semoga membantu!

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here