Soal dan Jawaban Materi Sejarah Pramuka 4-6 SD di TVRI 14 Agustus 2020

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Program Belajar dari Rumah TVRI hingga kini masih terus berlanjut di masa new normal corona (covid-19).

Berikut soal dan kunci jawaban materi ‘Sejarah Pramuka’ di TVRI untuk kelas 4-6 SD pada Jumat, 14 Agustus 2020, dilansir dari Kemdikbud :

1. Mengapa Robert Baden Powell ditetapkan sebagai Bapak Pandu Dunia?

Robert Baden Powell ditetapkan sebagai Bapak Pandu Dunia karena pengalaman dan jasa beliau yang mendasari pembinaan remaja di negara Inggris. Pembinaan remaja inilah yang kemudian tumbuh berkembang menjadi Gerakan kepramukaan.

2. Ceritakan berdasarkan pengalamanmu,manfaat apa saja yang kamu dapatkan dari pramuka?

Manfaat mengikuti pramuka adalah kita dapat menjadi mandiri, dapat mengenali alam sekitar dan juga diajarkan untuk dapat memanfaatkan barang yang ada dialam secukupnya atau diajarkan untuk mencintai alam.

3. Buatlah dalam bentuk table mengenai peristiwa-peristiwa yang terjadi yang berkaitan dengan lahirnya Pramuka!

Tahun 1912 : Gerakan kepanduan di Hindia Belanda didirikan pada tahun 1912 di Jakarta, bernama Nederlands Padvinders Vereeniging (NPV), sebelum berganti nama Nederlands Indische Padvinders-Vereeniging pada 4 September 1917.

Tahun 1916 : Gerakan kepanduan di nusantara oleh pribumi dibuat, diprakarsai oleh Pangeran A.A. Mangkunegara VII tanpa campur tangan Belanda

Tahun 1931 : Persatuan Antar Pandu Indonesia (PAPI) dibentuk. Kemudian pada tahun 1938 berubah menjadi Badan Pusat Persaudaraan Kepanduan Indonesia (BPPKI).

16 September 1951 : Lahirnya Ikatan Pandu Indonesia (IPINDO)

9 Maret 1961 : Presiden Soekarno memberikan amanat pemimpin pandu di Istana Merdeka

14 Agustus 1961 : Tanggal ini disahkan menjadi Hari Pramuka, melalui Keputusan Presiden RI Nomor 448 Tahun 1961

Selamat bekerja dan semoga membantu!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini