Soal dan Jawaban Materi Sahabat Pelangi: Bermalam di Rumah Nisa 1-3 SD di TVRI 21 Oktober 2020

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Program Belajar dari Rumah TVRI hingga kini masih terus berlanjut di masa new normal corona (covid-19).

Berikut soal dan kunci jawaban materi ‘Sahabat Pelangi: Bermalam di Rumah Nisa’ di TVRI untuk kelas 1-3 SD pada Rabu, 21 Oktober 2020, dilansir dari Kemdikbud :

1. Menurutmu, mengapa Nisa, Wayan, dan Chandra mau menolong Martha?
Nisa, Wayan, dan Chandra mau menolong Martha karena Martha sedang bersedih karena omanya (nenek) yang berada di Ambon sakit dan ibunya harus berangkat menuju Ambon.

Martha tidak bisa ikut, karena tiket pesawat yang cukup mahal. Mengetahui hal tersebut, Nisa, Wayan dan Chandra sebagai sahabat ingin menolong Martha.

2. Bagaimana cara Nisa, Wayan, dan Chandra menolong Martha yang sedang sedih?
Nisa, Wayan, dan Chandra menolong Martha yang sedang sedih dengan cara mengumpulkan uang saku mereka untuk dibelikan tiket pesawat untuk Martha.

Namun karena harga tiket pesawat yang cukup mahal dikumpulkan tidak cukup sehingga urung untuk mengumpulkannya.

3. Apa yang terjadi pada tubuh saat kita tidur larut malam?
Selain kita merasakan mengantuk yang berlebihan dan sering menguap, kurang tidur juga akan mengakibatkan sulit untuk berkonsentrasi untuk fokus serta meningkatkan risiko penyakit.

Ada beberapa dampak yang bisa terjadi bila kita sering tidur larut malam diantaranya:

– Mengganggu Pertumbuhan
Pada saat hormon pertumbuhan bekerja, anak-anak sebaiknya tidur nyenyak. Sebabnya, hormon pertumbuhan bisa bekerja ketika kita tidur dengan nyenyak. Kalau waktunya hormon pertumbuhan bekerja tapi kita belum tidur, ini bisa menganggu pekerjaannya membantu pertumbuhan tubuh kita.

– Mudah Sedih dan Marah
Kurang tidur juga bisa menganggu kesehatan mental dan emosi. Anak-anak yang sering begadang waktu tidurnya akan berkurang dan cenderung lebih mudah sedih dan marah.
Suasana hati yang seperti ini bisa membuat seseorang mudah tersinggung. Jika jadi kebiasaan, anak-anak yang kurang tidur juga bisa semakin buruk suasana hatinya.

– Kurang Berkonsentrasi
Selain itu gejala mental lain yang timbul akibat kurang tidur adalah kurannya fokus dan motivasi, teman-teman. Kita juga jadi lebih mudah lupa dan sulit mempelajari informasi baru.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini