Soal dan Jawaban Materi Ragam Gerak Tari 4-6 SD di TVRI 1 Desember 2020
Soal dan Jawaban Materi Ragam Gerak Tari 4-6 SD di TVRI 1 Desember 2020

MATA INDONESIA, JAKARTA – Program Belajar dari Rumah TVRI hingga kini masih terus berlanjut di masa new normal corona (covid-19).

Berikut soal dan kunci jawaban materi ‘Ragam Gerak Tari’ di TVRI untuk kelas 4-6 SD pada Selasa, 1 Desember 2020, dilansir dari Kemdikbud :

1. Jelaskan fungsi pola lantai pada seni tari daerah?
Pola lantai adalah pergerakan yang dilakukan dengan cara berpindah atau bergeser secara terstruktur sehingga membentuk pola denah tertentu.

Fungsi Pola lantai di antaranya:
– Untuk menata gerakan tarian
– Menciptakan kekompakan antar anggota penari
– Membentuk komposisi dalam pertunjukan tari sehingga menjadikan tarian yang disajikan menjadi lebih indah dan menarik ketika ditonton.

2. Tuliskan 3 tari tradisional Indonesia lalu sebutkan jenis ragam gerak pada setiap tarian tersebut!
a. Tari Topeng, sebuah tarian asli Indonesia yang berasal dari Cirebon, Jawa Barat. Namun di daerah lainnya juga terdapat tari Topeng diantaranya Topeng Dayak, Topeng Bali, Topeng Malang, Topeng Reog hingga Topeng Ireng.

*Macam Ragam Gerak Tari Klasik yaitu gerak tari yang banyak menggunakan gerak murni dan gerak ekspresif serta imitatif yang telah distilir atau diperhalus. Tema gerakannya juga menirukan kegiatan manusia dan perangai hewan tetapi gerakannya sudah terpilih dan mempunyai nilai simbolik dengan patokan atau pola – pola gerak yang sudah ditentukan.

b. Tari Reog merupakan salah satu kesenian yang berasal dari Jawa Timur bagian barat laut dan Ponorogo.

*Ragam Gerak Tari Kerakyatan yaitu gerak tari yang banyak menggunakan imitatif dan ekspresif. Gerakannya menirukan kegiatan dan emosi manusia sampai menirukan perangai binatang.

c. Tari Saman adalah sebuah tarian Suku Gayo Aceh yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat.

*Ragam Gerak Tari Kreasi Baru yaitu gerak tari yang dibentuk dari paduan beberapa ragam gerak tari tradisional sehingga menjadi bentuk baru. Bentuk baru ini terasa lebih dinamis dan energik karena didukung oleh generasi muda dan ditata oleh koreografer yang kreatif.

3. Mengapa setiap jenis tarian memiliki properti yang berbeda-beda?
Setiap jenis tarian memiliki properti yang berbeda-beda karena setiap tari memiliki arti dan makna yang berbeda pula. Selain itu tergantung kebutuhan dan ciri khas dari tari tersebut atau kebudayaan daerah. Lantaran ssetiap daerah memiliki adat istiadat sendiri-sendiri, dan setiap daerah memiiki busana tari yang berbeda-beda.

Properti digunakan untuk mendukung arti pada tari itu sendiri, contoh: tari merak menggunakan corak burung merak pada gaun yang dipakai oleh penari agar terlihat sebagai ciri bahwa mereka membawakan tari merak.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here