Soal dan Jawaban Materi Pubertas 4-6 SD di TVRI 3 Desember 2020

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Program Belajar dari Rumah TVRI hingga kini masih terus berlanjut di masa new normal corona (covid-19).

Berikut soal dan kunci jawaban materi ‘Pubertas (Kesehatan Reproduksi)’ di TVRI untuk kelas 4-6 SD pada Kamis, 3 Desember 2020, dilansir dari Kemdikbud :

1. Jika kamu anak perempuan, ceritakanlah ciri-ciri pubertas perempuan kepada keluargamu. Jika kamu anak laki-laki, ceritakanlah ciri-ciri pubertas laki-laki kepada keluargamu juga. Gunakan bahasamu sendiri!
*Untuk Wanita
Anak perempuan memang memasuki usia puber lebih awal, yakni di usia 8-13 tahun. Saat memasuki usia pubertas, anak perempuan akan mengalami kematangan hormon estrogen dan progesteron sehingga muncul lah beberapa ciri, antara lain:

● Payudara mulai tumbuh.
● Rongga pinggul membesar.
● Perubahan pada suara.
● Pertumbuhan rambut pada ketiak.
● Pertumbuhan rambut sekitar organ kelamin.
● Mengalami menstruasi.
● Mengalami perubahan emosi.
● Mulai tertarik pada lawan jenis.
● Terkadang diikuti dengan munculnya jerawat.

*Untuk Laki-laki atau pria
Sementara pada anak pria, mengalami masa pubertas di usia 9-14 tahun. Pada pria, hormon yang mengalami pematangan adalah testoreron yang kemudian memicu sejumlah ciri berupa:

● Perubahan suara.Pertumbuhan rambut di ketiak.
● Pertumbuhan rambut di kaki.
● Pertumbuhan rambut di sekitar alat kelamin.
● Beberapa mengalami pertumbuhan rambut di atas bibir (kumis) dan dada.
● Mulai tertarik pada lawan jenis.
● Mengalami mimpi basah.
● Jakun mulai tumbuh.
● Bahu mulai melebar dari pinggul.
● Otot lebih nampak berkembang dan menonjol.
● Perubahan kondisi emosi.
● Terkadang diikuti dengan munculnya jerawat.

2. Mengapa tinggi badan seseorang yang memasuki masa pubertas bertumbuh sangat cepat?
Tinggi badan seorang anak bukan hanya dipengaruhi oleh faktor genetik dan gizinya saja, tapi juga cepat lambatnya ia memasuki usia pubertas. Hal tersebut bisa menjelaskan mengapa anak perempuan terlihat lebih tinggi di usia sekolah dasar, tapi di usia remaja anak laki-laki bisa lebih jangkung lagi.

Anak perempuan memang memasuki usia puber lebih awal, yakni di usia 8-13 tahun, sementara anak laki-laki baru mengalami puber di usia 9-14 tahun. Masa pubertas pada anak perempuan ditandai dengan pertumbuhan payudara. Biasanya 2,5 tahun kemudian ia akan haid

Selama masa puber seorang anak akan mengalami pertumbuhan yang pesat (growth spurt) sehingga tinggi badannya juga ikut bertambah. Saat pubertas, tinggi badan anak bisa bertambah maksimal sampai 23 cm. Selain itu, di usia ini anak juga akan mengalami perubahan penampilan fisik yang memperjelas perbedaan gendernya.

Berbeda dengan anak perempuan, anak laki-laki justru baru mengalami percepatan tinggi badan di akhir masa pubertasnya. Ini sebabnya, meski di usia sekolah dasar anak perempuan dan laki-laki akan sama tingginya, namun setelah masuk usia remaja anak laki-laki akan lebih tinggi.

3. Jelaskan pentingnya menjaga kebersihan alat reproduksi!
Karena organ reproduksi adalah salah satu organ yang sangat penting bagi wanita dan laki-laki karena berperan dalam proses reproduksi untuk menghasilkan keturunannya. Namun, organ-organ reproduksi juga dapat terkena penyakit seperti organ tubuh lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini