Soal dan Jawaban Materi Permainan Bola Besar dan Kecil 4-6 SD di TVRI 13 Oktober 2020

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Program Belajar dari Rumah TVRI hingga kini masih terus berlanjut di masa new normal corona (covid-19).

Berikut soal dan kunci jawaban materi ‘Permainan Bola Besar dan Kecil’ di TVRI untuk kelas 4-6 SD pada Selasa, 13 Oktober 2020, dilansir dari Kemdikbud :

1. Ceritakan pengalamanmu tentang salah satu olahraga tradisional Indonesia yang pernah kamu ikuti!
Pengalaman olahraga tradisional Indonesia yang pernah saya ikut diantaranya lomba balap karung. Lomba ini biasanya saya ikuti saat momen lomba 17 Agustusan pada peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sebelum mengikuti perlombaan saya melakukan persiapan mulau dari energi dan mental. Walaupun kelihatannya lomba karung tak sulit, namun tidak mudah juga saat kita sudah mulai melompat. Terutama kita harus memiliki kekuatan otot dan keseimbangan agar bisa tetap terus bertahan melompat dari garis start hingga finish.

Keseruan saat kompetisi bertambah semarak saat penonton mulai meneriakkan nama peserta satu persatu. Sehingga hal ini membuat kita terpacu untuk bisa mendahului peserta lainnya. Hingga ketika saya menjadi peserta yang lebih dahulu mencapai garis finish dan dinyatakan menjadi pemenang. Tentunya saya sangat senang sekali.

2. Jelaskan apa saja perbedaan teknik bermain bola besar dan bola kecil!
– Permainan bola besar tanpa menggunakan alat bantu, menggunakan tangan dan kaki.
Contohnya permainan bola Voly, basket, dilakukan menggunakan tangan sendiri atau sepak bola dengan menggunakan kakinya sendiri.

-Permainan bola kecil yaitu permainan yang memiliki alat bantu. Contohnya permainan tenis meja, kasti.

3. Apa olahraga tradisional yang ada di daerahmu kemudian tuliskan dalam satu paragraf!

Olahraga yang ada di daerah saya diantaranya adalah Egrang adalah tongkat panjang yang terbuat dari bambu. Di mana seseorang bisa berdiri di atasnya, kemudian berjalan dalam jarak atau waktu tertentu.

Bambu yang dipakai sebagai pijakan adalah bambu yang memiliki ukuran panjang 2,75 meter dan memiliki diameter antar 6-9 cm. Pada ukuran 50 cm dari bawah, dibuat tempat berpijak kaki yang rata. Egrang termasuk salah satu cabang olahraga tradisional yang diperlombakan pada Pekan Olahraga Tradisional tingkat Nasional (Potradnas).

Secara umum, Egrang ini merupakan olahraga atau permainan tradisional yang punya nama nama beda disetiap daerah. Di Kalimantan disebut dengan Batungkau, di Jawa Tengah disebut dengan Jangkungan, kemudian di Bengkulu disebut dengan Ingkau, sedangkan di Sumatra Barat disebut dengan Tengkak-tengkak. Namun, masyarakat lebih mengenalnya dengan istilah Egrang atau Engrang.

Permainan Egrang ini sebenarnya cukup unik dan cukup menguras tenaga. Karena pemain harus terampil dalam menjaga keseimbangan tubuh dan berjalan dengan stabil di atas tongkat kayu panjang. Permainan berkembang dan cukup populer di tahun 1900-an. Ada beberapa yang menjadikan Egrang sebagai permainan tradisional, tetapi juga ada yang menganggapnya sebagai olahraga tradisional.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini