Soal dan Jawaban Materi Pengelolaan Data (Diagram) 4-6 SD di TVRI 4 Desember 2020
Soal dan Jawaban Materi Pengelolaan Data (Diagram) 4-6 SD di TVRI 4 Desember 2020

MATA INDONESIA, JAKARTA – Program Belajar dari Rumah TVRI hingga kini masih terus berlanjut di masa new normal corona (covid-19).

Berikut soal dan kunci jawaban materi ‘Perkembangbiakan Hewan’ di TVRI untuk kelas 4-6 SD pada Rabu, 2 Desember 2020, dilansir dari Kemdikbud :

1.Buatlah peta konsep tentang macam-macam perkembangbiakan pada hewan!

2.Berdasarkan penjelasan dalam video tersebut, manakah yang menurutmu ada lebih dulu, apakah ayam atau telur? Tuliskan pendapatmu!
Peneliti dari Sheffield University Inggris menemukan bahwa telur memiliki protein yang hanya bisa berasal dari rahim ayam. Oleh karena itu dapat disimpulkan dari yang mereka katakan bahwa harus ada yam dahulu baru secara teknis telur ayam baru bisa ada.

Namun masalahnya kompleksitas, jika mengaju pada teori evolution dari Neil deGrasse Tyson bahwa yang ada lebih dahulu adalah telur ayam, baru kemudian ada seekor ayam yang lahir dari telur tersebut. Karena dikatakan pada jaman dahulu belum ada ayam melainkan nenek moyang ayam yang secara teknis belum bisa dikatakan sebagai ayam.

Selama jutaan tahun, nenek moyang ayam ini terus berevolusi. Setiap kali nenek moyang ayam menghasilkan keturunan maka tidak akan bisa sama persis dengan induknya melainkan selalu ada perbedaan yang terjadi terus menerus selama jutaan tahun.

Sehingga muncul telur yang kode genetiknya dapat diklasifikasikan sebagai telur ayam. Telur ini yang kemudian menjadi cikal bakal semua ayam yang pernah hidup di dunia.

3.Bagaimanakah perkembangbiakan ayam? Jelaskan, ya!
Ayam berkembangbiak dengan cara bertelur. Sebelum bertelur maka ayam akan membuat sarang. Telur ayam dihasilkan oleh ayam dewasa. Telur ayam berkisar 12 butir. Telur ayam akan dierami oleh induk ayam. Lama waktu mengerami sekitar 21 hari. Setelah telur menetas keluralah anak ayam. Anak ayam diasuh induknya sekitar 65 hari.

Ayam tidak mengalami perubahan bentuk, ayam hanya mengalami penambahan dan penguranagn berat. Ayaam ayam tumbuh menjadi ayam dewasa. Ukuran ayam bertambah dan beratnya juga bertambah. Setelah dewasa ayam betina menghasilkan telur kembali. Ayam mengalami pertumbuhan dan perkembangan.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here