Soal dan Jawaban Materi Perahu Kora-kora 4-6 SD di TVRI 27 Oktober 2020

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Program Belajar dari Rumah TVRI hingga kini masih terus berlanjut di masa new normal corona (covid-19).

Berikut soal dan kunci jawaban materi ‘Perahu Kora-kora’ di TVRI untuk kelas 4-6 SD pada Selasa, 27 Oktober 2020, dilansir dari Kemdikbud :

1. Mengapa perahu kora-kora istimewa oleh masyarakat Maluku? Apa keistimewaan perahu kora-kora oleh masyarakat Maluku?
Perahu Kora Kora istimewa untuk masyarakat Maluku karena memiliki nilai historis tersendiri bagi masyarakat Ternate, Maluku yang salah satu keahliannya membuat perahu. Kora Kora adalah perahu perjuangan untuk masyarakat Maluku. Pada cerita sejarah lokal Ternate, kora-kora menjadi transportasi yang digunakan oleh pasukan atau prajurit Kesultanan Ternate untuk berperang.

Perahu Kora-kora telah ada sejak zaman penjajahan Portugis tahun 1200. Saat itu Portugis bermaksud menguasai kekayaan rempah-rempah yang ada di Maluku. Maka dibuatlah perahu Kora-Kora besar sebagai armada perang di laut berbentuk mirip perahu naga Cina. Selain digunakan untuk memerangi Portugis, Spanyol dan Belanda, perahu Kora-Kora digunakan untuk ritual dan kegiatan festival lomba adu dayung sebagai bagiab atraksi wisatawan domestic hingga internasional

Keistimewaan Perahu Kora Kora :
– Digunakan sebagai perahu dagang, sarana ritual dan armada perang.
– Merupakan kapal kebanggaan Sultan Ternate.
– Digunakan dalam upacara adat Kololie Kie.
– Digunakan dalam festival.
– Ada dalam Dunia FantasiAncol.

2. Apakah perbedaan penggunaan kapal kerajaan-kerajaan di Nusantara dahulu dengan masa sekarang? Jelaskan!
– Penggunaan kapal kerajaan dahulu untuk perhubungan laut atau sungai, armada perang, memperluas kekuasaan dan perdagangan serta untuk menangkap ikan, dan biasanya untuk mengarungi laut, samudera, antar pulau, antar negara bahkan hingga antar benua.
– Sedangkan penggunaan kapal pada zaman sekarang adalah untuk kapal pesiar, perdagangan dan sarana transportasi, mengangkut barang-barang serta untuk melakukan perjalanan wisata.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini