Soal dan Jawaban Materi Perahu Kora-kora 4-6 SD di TVRI 27 Oktober 2020
Soal dan Jawaban Materi Perahu Kora-kora 4-6 SD di TVRI 27 Oktober 2020

MATA INDONESIA, JAKARTA – Program Belajar dari Rumah TVRI hingga kini masih terus berlanjut di masa new normal corona (covid-19).

Berikut soal dan kunci jawaban materi ‘Lompat Batu Nias’ di TVRI untuk kelas 4-6 SD pada Kamis, 1 Oktober 2020, dilansir dari Kemdikbud :

1. Buatlah satu paragraf menarik yang menceritakan tentang sejarah Hombo Batu atau tradisi lompat batu di Nias!
Lompat batu tercipta di masa Nias kuno. Saat itu masyarakat Nias dipimpin oleh seorang Raja (SIULU). Tradisi ini hanya dilakukan oleh laki-laki Suku Nias.

Di kala itu, semua suku yang ada di Nias saling berperang demi memperluas wilayah kekuasaan, untuk melindungi desa dibuatlah pagar batu setinggi hampir 2 meter dimasing-masing suku atau desa.

Para ksatria Nias pada masa itu tidaklah takut mereka malah menaklukan pagar batu dengan cara melompatinya. Warga Nias menyebut tradisi lompat batu dalam bahasa setempat dengan Fahombo.

Di masa modern ini, lompat batu tetap di lestarikan oleh masyarakat Nias sebagai warisan budaya leluhur, kerena makna atau filosofi lompat batu menggambarkan keberanian, tanggung jawab dan perjuangan lebih untuk mencapai tujuan. Tak hanya itu lompat batu juga menjadi atraksi wisata yang sangat unik dan khas.

2. Nilai-nilai apa saja yang ingin ditanamkan oleh para leluhur suku Nias dari kegiatan lompat batu!

Tradisi lompat batu Nias memiliki nilai kehidupan, kebersamaan dan kebudayaan. Salah satunya yaitu dijadikan wadah untuk menentukan kedewasaan seorang anak laki-laki dan untuk membentuknya menjadi karakter yang tangguh dan tangkas dalam menjalani kehidupan.

3. Bagaimana pendapatmu tentang suku Nias dan adat istiadatnya?

Suku Nias adalah kelompok etnik yang berasal dari Pulau Nias. Mereka menamakan diri mereka sendiri dengan sebutan “Ono Niha” dan Pulau Nias sebagai “Tano Niha”.

Adat istiadat suku Nias sangat unik, oleh karena itu sebagai saudara sebangsa dan setanah air Indonesia kita harus ikut menjaga dan melestarikan kebudayaan Indonesia.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here