Soal dan Jawaban Materi Kekayaan Alam Kelas 4-6 SD di TVRI 29 Juli 2020

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Program Belajar dari Rumah TVRI hingga kini masih terus berlanjut di masa new normal corona (covid-19).

Berikut soal dan kunci jawaban materi ‘Kekayaan Alam’ di TVRI untuk kelas 4-6 SD pada Rabu, 29 Juli 2020, dilansir dari Kemdikbud :

1. Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari lingkungan alam dan lingkungan sosial, maka dari itu kita harus bijak dalam memanfaatkan sumber daya alam. Menurutmu, apa yang akan terjadi jika kita tidak mau menghemat penggunaan air dan listrik?

Jika kita tidak menghemat air, maka kita akan kesulitan untuk mendapatkan air di masa mendatang. Terutama saat musim kemarau sebab wilayah kita dilanda kekeringan yang cukup panjang.

Sementara bila tidak menghemat listrik dapat menyebabkan kerusakan pada alat elektronik. Selain itu, boros uang dan membuang senergi yang sia-sia.

2. Indonesia sangat terkenal dan kaya akan sumber daya alamnya, namun mengapa luas hutan di negara kita semakin menurun setiap tahunnya? Tuliskan pendapatmu!

Karena adanya kebakaran yang terjadi hampir setiap tahun. Lalu ada penebangan hutan secara liar tanpa diimbangi reboisasi atau penanaman kembali.

Selain itu, banyak hutan yang berubah menjadi perkebunan, pabrik, hingga perumahan. Selanjutnya, Adanya bencana alam juga menjadi penyebab kenapa jumlah luas hutan di negara kita semakin menurun.

3. Menurutmu, apa saja yang dapat kita lakukan untuk memperbaharui sumber daya alam?

– Melakukan penanaman pohon atau reboisasi
– Menggunakan air sesuai kebutuhan
– Menghemat dan menghindari pemborosan dalam mengolah sumber daya alam
– Melestarikan sumber daya hayati
– Mengembangbiakan hewan atau membudidayakan tanaman

Selamat belajar dan semoga membantu!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini