Soal dan Jawaban Materi Pubertas 4-6 SD di TVRI 3 Desember 2020
Soal dan Jawaban Materi Pubertas 4-6 SD di TVRI 3 Desember 2020

MATA INDONESIA, JAKARTA – Program Belajar dari Rumah TVRI hingga kini masih terus berlanjut di masa new normal corona (covid-19).

Berikut soal dan kunci jawaban materi ‘Hari Sumpah Pemuda’ di TVRI untuk kelas 4-6 SD pada Rabu, 28 Oktober 2020, dilansir dari Kemdikbud :

1. Ceritakan kembali Sejarah Bendera Merah Putih dan Lagu Indonesia Raya dengan bahasamu sendiri!

a. Sejarah Bendera Merah Putih
Bendera merah putih pertama atau bendera Indonesia pertama adalah Bendera Sang Saka Merah Putih . Yang menjahit Bendera Merah Putih adalah Fatmawati, setelah dia dan keluarganya kembali ke Jakarta dari pengasingan di Bengkulu. Latar belakang kelahiran Bendera Sang Saka Merah Putih terkait izin kemerdekaan dari Jepang pada 7 September 1944.

Badan yang membantu pemerintah pendudukan Jepang, Chuuoo Sangi In, mengadakan sidang tidak resmi pada 12 September 1944 yang dipimpin Soekarno. Rapat sidang membahas tentang pengaturan penggunaan bendera dan lagu kebangsaan yang sama di seluruh Indonesia. Hasil sidang 12 September 1944 adalah pembentukan panitia bendera kebangsaan dan panitia lagu kebangsaan.

Atas permintaan Soekarno kepada Kepala Sendenbu (Barisan Propaganda Jepang) Shimizu, Chaerul Basri diperintahkan mengambil kain dari gudang di Jalan Pintu Air untuk diantarkan ke Jalan Pegangsaan 56, Jakarta. Bendera berbahan katun halus berwarna merah dan putih, dengan panjang 300 cm dan lebar 200 cm. Pada 13 November 1944 bendera diukur ulang. Diketahui ukuran bendera panjang 276 cm dan lebar 199 cm.

Panitia bendera kebangsaan memutuskan menggunakan warna merah dan warna putih. Warna merah adalah simbol berani dan warna putih adalah simbol suci. Warna merah dan putih menjadi jati diri bangsa Indonesia. Bendera merah putih Indonesia yang pertama tersebut dikibarkan pada saat Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta. Bendera Indonesia pertama kali dikibarkan oleh Latief Hendraningrat, Suhud dan SK Trimurti.

b. Sejarah Lagu Indonesia Raya
Bermula saat W.R Soepratman membaca sebuah tulisan di majalan terbitan Solo, Jawa Tengah bernama Timbul yang isinya adalah “ Alangkah baiknya jika ada seorang pemuda Indonesia yang dapat menciptakan lagu kebangsaan, karena bangsa-bangsa lain sudah memiliki lagu kebangsaan mereka sendiri.”

Sejak itulan W.R Sopratman mulai menulis teks lagu Indonesia Raya. Lagu Indonesia Raya akhirnya tercipta pada pertengahan tahun 1928. Lagu Indonesia Raya pertama kali diperdengarkan pada tanggal 28 Oktober 1928 tepatnya di Kongres Pemuda Indonesia II.

2. Setelah melewati berbagai peristiwa akhirnya pemuda Indonesia dapat mengikrarkan Sumpah Pemuda. Menurutmu, apa makna dari Ikrar Sumpah Pemuda?
– Semangat juang dan semangat pengorbanan tinggi
– Persatuan
– Rasa nasionalisme
– Pantang menyerah

3. Buatlah rangkuman dari video yang berjudul Sumpah Pemuda!
– Kongres sumpah pemuda II dilaksanakan pada 27-28 Oktober 1928
– Sumpah pemuda mewakili kebhinnekaan Indonesia saat itu
– Sumpah pemuda adalah awal kebangkitan nasional Indonesia
– Sumpah pemuda menegaskan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa persatuan
– Trilogi sumpah pemuda dirumuskan oleh Muhammad Yamin
– Tempat lahirnya Sumpah pemuda adalah rumah kos mahasiswa

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here