Soal dan Jawaban Materi Dongeng Timun Mas 1-3 SD di TVRI 10 Agustus 2020

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Program Belajar dari Rumah TVRI hingga kini masih terus berlanjut di masa new normal corona (covid-19).

Berikut soal dan kunci jawaban materi ‘Dongeng Timun Mas’ di TVRI untuk kelas 1-3 SD pada Senin, 10 Agustus 2020, dilansir dari Kemdikbud :

1. Mengapa kita harus hati-hati?

Kita harus berhati-hati saat berjalan agar kita tidak tersandung.

Atau kita harus berhati-hati saat di air misal kolam renang. Jika tidak, maka kita bisa saja tenggelam, terpeleset, dan mengalami kecelakaan lainnya.

2. Apa yang diberikan pertapa tua kepada Timun Mas?

Pertapa tua memberikan empat buah bungkusan kepada Timun Mas. Empat bungkusan itu masing-masing berisi biji timun, jarum, garam, dan terasi.

3. Bagaimana caranya Timun Mas menyelamatkan diri dari kejaran raksasa?

Timun Mas berhasil menyelamatkan diri dari kejaran raksasa.

Caranya, pertama, ia mengambil bungkusan berisi biji timun. Ia menyebarkan biji timun yang kemudian tumbuh tanaman timun yang sangat banyak.

Kedua, ia mengambil bungkusan kedua yang berisi jarum dan melemparkannya ke arah raksasa. Jarum-jarum itu berubah menjadi pohon bambu.

Ketiga, Timun Mas mengambil bungkusan yang berisi garam. Ia melemparkannya ke arah raksasa dan tiba-tiba hutan berubah menjadi lautan luas.

Terakhir, Timun Mas mengambil bungkusan isi terasi dan menyebarkannya ke seluruh hutan.

Hutan berubah menjadi lautan lumpur yang luas. Raksasa pun tenggelam ke dalam lautan lumpur, terbawa arus, dan pergi jauh.

Selamat belajar dan semoga membantu!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini