Soal dan Jawaban Materi Buku Cerita : Kuri dan Monti 1-3 SD di TVRI 7 Desember 2020
Soal dan Jawaban Materi Buku Cerita : Kuri dan Monti 1-3 SD di TVRI 7 Desember 2020

MATA INDONESIA, JAKARTA – Program Belajar dari Rumah TVRI hingga kini masih terus berlanjut di masa new normal corona (covid-19).

Berikut soal dan kunci jawaban materi ‘Cerita Ibu Diva’ di TVRI untuk kelas 1-3 SD pada Rabu, 25 November 2020, dilansir dari Kemdikbud :

1. Bagaimana pendapatmu tentang sifat burung merak dalam dongeng berjudul “Tidak Boleh Malas” ini?
Menurut saya, sifat burung merak dalam dongeng berjudul “Tidak Boleh Malas” ini tidak boleh dituruti. Karena sifat buruk burung merak memanfaatkan hewan lain untuk kepentingannya sendiri. Karena tidak ingin mendapatkan makanan tanpa kelelahan dan kepanasan serta bulunya rusak, merak malah memanfaatkan Kerbau dan Kura-kura.

Seperti ketika melihat kerbau dan kura-kura makan bersama, merak berpura-pura jatuh agar dapat ditolong dan dijaga kedua temannya itu. Sehingga kerbau dan kura-kura mau saja mencarikan makanan untuk Merak.

Merak semakin menjadi-jadi memanfaatkan Kerbau dan Kura-kura. Namun ketika kebohongan merak terbongkar oleh kura-kura dan kerbau saat ia malah bisa terbang seperti biasa. Hingga kemudian merak tanpa sengaja tertimpa pohon sungguhan sehingga sayapnya patah dan saat ia meminta pertolongan Kerbau dan kura-kura tak lagi mempercayainya.

Kini merak harus mandiri dan tidak boleh memanfaatkan orang lain. Kini dengan sayap yang hanya berfungsi satu, merak harus bersusah payah mencari makan sendiri.

2. Mengapa kita tidak boleh menjadi orang yang suka membual atau omong kosong?
Kita tidak boleh menjadi orang yang suka membual atau omong kosong karena orang yang suka membual atau banyak omong kosong maka ia suka berbicara bohong. Banyak membual juga menjadikan orang sombong. Jika sudah begitu maka kita sulit untuk dipercaya orang lain.

3. Berilah contoh perbuatan serakah dalam kehidupan sehari-hari yang tidak boleh dilakukan!

*Di sekolah
– Tidak suka menolong teman atau orang lain
– Mementingkan diri sendiri
– Tidak membagikan makanan dan minuman ketika orang lain tidak membawa makanan ataupun minuman

*Di masyarakat
– Serakah dalam berpendapat dalam musyawarah
– Serakah dalam sumbangan yang diberikan

*Di rumah
– Menghabiskan makanan sendirian di rumah
-Tidak berbagi makanan dengan kakak dan adik

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here