Soal dan Jawaban Materi Bertanya Sains 1-3 SD di TVRI 23 November 2020

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Program Belajar dari Rumah TVRI hingga kini masih terus berlanjut di masa new normal corona (covid-19).

Berikut soal dan kunci jawaban materi ‘Bertanya Sains’ di TVRI untuk kelas 1-3 SD pada Senin, 23 November 2020, dilansir dari Kemdikbud :

1. Tuliskan satu saran kepada masyarakat yang tinggal di tepi pantai agar terhindar dari bahaya tsunami!
Satu di antara saran kepada masyarakat yang tinggal di tepi pantai agar terhindar dari bahaya tsunami diantaranya sangat pentingnya kolaborasi masyarakat, pemerintah dan lembaga terkait dalam menerapkan mitigasi bencana yang efektif dan efisien. Mitigasi bencana agar bisa meminimalisir jumlah korban dan kerugian ekonomi.

– Warga segera mengetahui akan petanda tsunami dan segera melakukan evakuasi mandiri.
– Warga harus memiliki respon cepat ketika terjadi gempa besar, karena tsunami akan terjadi setelah adanya gempa besar dengan durasi sangat lama yakni 30 detik sampai 1 menit, ketika hal itu terjadi warga dapat berlari sekencang mungkin menuju daratan yang lebih tinggi.
– Untuk pemerintah agar dapat memberikan batas sempadan pantai yang tinggi. Peneliti LIPI menganjurkan agar pemda memberikan batas sempadan pantai 300 meter agar tak dijadikan kawasan pemukiman.
– Tak hanya itu, penanaman tanaman mangrove yang sehat juga termasuk cara murah dan efektif dalam meredam gelombang tsunami.

2. Apa yang bisa kita lakukan agar bisa ikut melindungi bumi kita dari bahaya polusi plastik?
Hal yang bisa kita lakukan agar bisa ikut melindungi bumi kita dari bahaya polusi plastik diantaranya Penerapan 3 R ( Reduse, Reuse dan Recycle) diantaranya dengan mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai diantaranya:

– Mengganti kantong plastik dengan tas belanja. Sehingga ketika membawa tas belanja sendiri sehingga tidak perlu menggunakan kantong plastik
– Menggunakan produk dengan kemasan kaca atau karton
– Membawa botol minuman sendiri
– Tidak lagi menggunakan sedotan plastik untuk minum di restoran cepat saji, cafe atau tempat jualan minuman

3. Tuliskan paling sedikit tiga informasi yang telah kamu dapatkan tentang kecoa raksasa!
– Memiliki ukuran yang sangat besar yaitu lebih dari 30 cm pada usia dewasa
– Kecoa Laut raksasa ini bernama latinnya Bathynomus raksasa merupakan hewan krustasea atau saudaranya udang dan kepiting.
– Ditemukan saat ekspedisi SJADES ( South Java deep Sea) Biodiversity Expedition yang merupakan kerjasama antara Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan National University of Singapore (NUS)tahun 2018
– Lokasi penemuannya berada di selat sunda dan Selatan Pulau Jawa pada kedalaman 957-1259 meter di bawah permukaan laut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini