Soal dan Jawaban Materi Ayo, Biasakan Makan Secukupnya 1-3 SD di TVRI 16 Oktober 2020

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Program Belajar dari Rumah TVRI hingga kini masih terus berlanjut di masa new normal corona (covid-19).

Berikut soal dan kunci jawaban materi ‘Ayo, Biasakan Makan Secukupnya!’ di TVRI untuk kelas 1-3 SD pada Jumat, 16 Oktober 2020, dilansir dari Kemdikbud :

1. Tuliskan tiga informasi penting yang telah kamu ketahui setelah melihat tayangan video tadi!
a. Faktanya dari suplay makanan yanng ada di dunia 30 persen akan berakhir di tempat pembuangan. Akibatnya akan menghilangkan sumber energi serta dapat meningkatkan emisi gas rumah kaca di atmosfer ketika membusuk.

Jadi ketika kita makan harus menakar porsi yang harus dihabiskan. Karena makan bukan hanya untuk kita saja tetapi juga saudara-saudara kita yang dilanda kelaparan dan juga untuk menyelamatkan bumi kita.

b. Makanan sebagai sumber energi bagi tubuh. Maka makanlah secara teratur agar tidak mengalami sakit serta menghindari kerusakan sel-sel tubuh akibat tidak makan

c. Sangat penting minum air yang cukup setiap hari. Air sangat diperlukan tubuh sebagai pelumas otot dan sendiri, menyalurkan nutrisi dan vitamin ke seluruh tubuh, menjaga suhu tubuh dan mengeluarkan racun dalam tubuh.

2. Tuliskan kembali dengan bahasamu sendiri proses perjalanan makanan di dalam tubuh!

a. Mulut
Alat pencernaan manusia yang pertama adalah mulut, yang berfungsi untuk mengunyah makanan. Proses pengunyahan makanan dilakukan oleh gigi, yang terdiri dari tiga jenis gigi, yaitu gigi seri, gigi taring, dan gigi geraham. Selain gigi, di dalam mulut juga ada lidah dan kelenjar air liur.

Nah, karena berbagai bagian dalam mulut inilah, proses percernaan dapat disebut terjadi secara mekanik maupun kimiawi.

b. Kerongkongan
Setelah dari mulut, makanan akan melalui faring,, yang merupakan ‘pintu’ menuju tenggorokan dan kerongkongan. Pintu ini berfungsi agar makanan masuk ke kerongkongan atau esofagus dan tidak salah masuk ke saluran pernapasan.

Dari esofagus, makanan akan didorong masuk ke lambung. Gerakan mendorong makanan ke lambung secara perlahan ini disebut sebagai gerakan peristaltik.

c. Lambung
Makanan yang masuk ke lambung akan melalui tiga bagian lambung. Bagian pertama lambung adalah bagian pangkal atau disebut juga sebagai kardiak. Bagian tengah yaitu fundus, dan bagian akhir yang disebut pilorus. Pencernaan makanan di lambung akan terjadi secara mekanik dan kimiawi. Pencernaan makanan secara kimiawi akan dilakukan oleh beberapa zat kimia, yaitu asam lambung, enzim pepsin, dan enzim renin. Sedangkan pencernaan secara mekanik di dalam lambung akan berlangsung dengan cara makanan diremas-remas di dalam lambung.

d. Usus Halus
Selanjutnya makanan akan didorong lagi menuju alat pencernaan lainnya, yaitu usus halus. Usus halus juga terdiri dari tiga bagian, yaitu usus 12 jari atau duodenum, usus kosong atau jejunum, dan usus penyerapan atau ileum. Pada tahap pencernaan inilah, sari-sari makanan akan terserap, yang merupakan fungsi utama usus halus.

e. Usus Besar
Setelah dari usus halus, makanan akan didorong menuju alat pencernaan lainnya, yaitu usus besar atau kolon. Ada tiga bagian juga pada usus besar, yaitu kolon naik, kolon mendatar, dan kolon menurun. Pada usus besar terdapat bagian yang bernama umbai cacing, yaitu bagian yang berisi sel darah putih yang berperan dalam memberikan imunitas bagi tubuh. Fungsi usus besar adalah untuk menyerap cairan dari sisa makanan yang sudah diserap usus halus.

f. Anus
Setelah dari usus besar, makanan yang kita konsumsi hanya menyisakan sisa-sisa saja. Hal ini karena sari-sari makanan telah diserap pada porses sebelumnya. Nantinya, sisa makanan yang sudah diserap oleh sistem pencernaan akan dikeluarkan melalui anus, berupa kotoran atau feses. Proses ini disebut juga sebagai buang air besar atau BAB.

3. Apa yang akan kamu lakukan jika makananmu jatuh, padahal kamu masih ingin memakannya? Jelaskan alasanmu!
Menurut saya jika permukaan makanan ini masih bersih dan jatuhnya makanan pada tempat bersih dan belum lama misalnya kurang dari 5 detik, dimungkinkan masih bisa dimakan. Namun jika tidak memungkinkan untuk dimakan sebaiknya dibuang saja ke tempat sampah.

Walaupun begitu, anak-anak kecil dan golongan lanjut usia tidak direkomendasikan untuk mengikuti prinsip “sebelum 5 menit” yang kerap disebut-sebut masyarakat Indonesia, karena sistem imun tubuh mereka mungkin tidak bisa melindungi mereka bahkan dari sedikit saja paparan bakteri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini