MATA INDONESIA, JAKARTA- Hebohnya cerita Acha Septriasa yang geram saat rumah sang adik, Juwita Maritsa di bobol oleh orang tak bertanggung jawab memang bikin resah masyarakat. Pasalnya, rumah sang adik dirampok saat siang hari, bertepatan dengan hari raya Idul Adha, Jumat kemarin.

Dari fenomena tersebut, sudah seharusnya kamu lebih waspada ya. Gak cuma waspada, kamu pun harus ekstra cerdas mengelabui si maling. Biar kamu tenang saat beraktivitas dan harus meninggalkan rumah di siang hari, nih simak tips berikut ini.

1. Bersihkan Halaman Rumah

Mungkin kamu bertanya-tanya. Apa hubungannya halaman rumah yang bersih dengan perampokan di siang hari? Nih, gaes jika halaman rumahmu kotor dan berantakan, maling akan mengira rumah mu itu sedang kosong dan jarang dihuni.

Hal tersebut bisa memancing mereka untuk membobol rumahmu. Jadi, bersihkan halaman rumahmu terlebih dahulu sebelum keluar ya.

2. Biarkan Tirai Terbuka

Dengan membiarkan tirai terbuka, menandakan rumahmu ada penghuninya. Dengan demikian, maling akan mikir dua kali untuk masuk ke rumah mu. Akan tetapi, meski tirai dibuka lebar, pastikan jendelamu sudah terkunci rapat.

3. Letakan Sendal di Depan Rumah

Sama halnya dengan membuka tirai, adanya sendal didepan rumahmu memberi tanda rumah mu tidak kosong. Trik ini bisa jadi penunjang bikin si maling yakin dia gak perlu membobol rumahmu.

4. Kunci Seluruh Ruangan

Ada baiknya saat kamu meninggalkan rumah disiang hari, gak cuma mengunci pintu utama dan pagar saja. Tapi juga seluruh ruangan dirumahmu. Pastikan juga kamu mengunci lemari atau tempat-tempat menyimpan barang berharga lainnya.

5. Titipkan Rumah ke Tetangga

Cara terakhir ialah menitipkan rumah pada tetangga yang sudah kamu percaya sebelum kamu berpergian. Katakan pada tetanggamu kamu harus meninggalkan rumah sejenak dan minta pertolongannya untuk ikut mengawasi rumahmu. Dengan demikian, rumahmu istanamu bisa aman dari bobolan maling.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here