Sakit kepala saat bangun tidur (pixabay)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sakit kepala sebelah atau migrain memang sangat mengganggu, apalagi saat aktivitasmu lagi padat-padatnya. Sakit kepala migrain biasanya timbul karena faktor internal seperti stres, cemas, atau indikasi akan suatu penyakit.

Umumnya, saat migrain itu datang, kamu akan mengambil obat pereda sakit kepala untuk menghilangkan rasa sakitnya.

Tapi, tahukah kamu, bisa saja kondisi migrain yang sering kamu alami akibat makanan sehari-hari yang kamu konsumsi?

Cynthia Armand, selaku ahli saraf dan spesialis kepala di New York mengungkapkan ada beberapa jenis makanan yang bisa memicu sakit kepala migrain, tapi makanan tersebut tidak spesifik. Ada bahan-bahan yang terkandung pada makanan yang dapat memicu migrain.

Karena itu kamu perlu berhati-hati dan memperhatikan makanan atau bahan-bahan yang memicu migrain. Yuk simak!

1. Cokelat

Cokelat tinggi kandungan magnesium yang bisa meredakan kram dan rasa tidak nyaman saat menstruasi. Namun, rupanya cokelat juga bisa jadi pemicu migrain.

“Cokelat membawa kafein, yang bisa membantu migrain akut tapi dalam jangka panjang akan memperpanjang siklus migrain dan memungkinkan membuatnya lebih parah,” kata Virginia Thornley, ahli saraf dan spesialis epilepsi.

2. Anggur merah

Sudah bukan rahasia lagi beberapa jenis minuman beralkohol bisa mengakibatkan sakit kepala atau dalam kasus lain bisa memicu migrain. Salah satunya anggur merah. Anggur merah (red wine) diakui bisa memicu serangan migrain loh. Seorang ahli menjelaskan, red wine mengandung zat bernama sulfit.

Ditambah lagi, efek samping alkohol itu menimbulkan dehidrasi pada tubuh. Dehidrasi dengan campuran alkohol bisa jadi pemicu migrain potensial.

3. Gulas Halus

Gula halus atau gula rafinasi kerap ditemukan pada kudapan manis sebagai taburan atau bahan tambahan. Jika gula halus dikonsumsi secara mormal, tentu tidak masalah.

Namun jika berlebihan, kamu bjsa mengalami migrain. Gula halus bisa mengakibatkan kenaikan kadar gula darah sehingga melepas insulin berlebih.

Kenaikan kadar gula darah yang cepat juga bisa menimbulkan proses proinflamasi dan memicu migrain.

4. Keju

Olahan susu satu ini kaya akan nutrisi seperti vitamin A, kalsium dan protein. Namun saat dikonsumsi berlebihan, keju bisa memberikan suplai kalori tinggi, lemak dan berpotensi menimbulkan migrain.

Satu hal yang membuat keju jadi pemicu migrain adalah tyramine, zat yang ditemukan pada keju yang sudah berumur seperti, gouda, feta dan gruyere. Jadi, usahakan jangan mengkonsumsi olahan keju terlalu banyak ya.

5. Kopi

Bagi sebagian orang, kopi merupakan suatu keharusan untuk menyegarkan pikiran dan memberi semangat. Namun, jika kamu meminumnya terlalu sering, gak bagus untuk kesehatanmu loh. Salah satunya bisa menyebabkan migrain.

Minum kopi memang bisa mengakibatkan migrain. Sebab, pemicu utamanya kafein. Tak hanya pada kopi, kafein juga ditemukan pada minuman bersoda, teh dan minuman berenergi. Batasilah minuman berkafein setiap harinya, termasuk kopi ya.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here