Sering Main Gagdet Bisa Merusak Hubungan Lho! Nih 5 Faktanya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA, Gadget atau gawai memiliki peran yang besar di era melek  digital. Mengingat, rata-rata setiap orang hampir menghabiskan 4 jam sehari untuk bermain dengan gawai.

Tidak heran jika gawai bisa berpengaruh besar terhadap aspek kehidupan manusia tanpa terkecuali. Salah satunya dalam hubungan asmara.

Dilansir dari Bright Side, kebiasaan menggunakan gadget justru dapat merusak hubungan. Berikut ulasannya:

1. Senang sendirian bersama gadget

Tertawa dan senyum-senyum sendiri sambil bermain gadget juga dapat membuat pasangan cemburu loh.

Hal ini karena ia merasa tidak menjadi pusat perhatian Kamu. Tapi jika tidak mau itu terjadi, baru-baru ini penelitian menyatakan bahwa pasangan yang tertawa dan bahagia bersama akan tinggal atau bertahan lebih lama.

Jadi, jangan sungkan berbagi tawa dengan kekasih atau orang disekitar Kamu agar hubungan tetap awet dan bahagia.

2. Selalu membawa gadget

Kebiasaan ini ternyata membawa dua dampak negatif dalam sebuah hubungan.

Pertama, seakan menutupi seseuatu dari pasangan dan perlahan bisa membuat hilang rasa kepercayaan terhadap pasangan, Kedua, membuat pasangan risih karena selalu melihat notifikasi.

Alih-alih menghasbiskan waktu bersama justru hal ini akan membuat pasangan Kamu risih karena selalu mengecek ponsel terus-menerus.

3. Phubbing

Phubbing adalah tindakan acuh tak asuh seseorang karena lebih memilih fokus pada gadget daripada membangun sebuah percakapan dengan orang terdekat.

Beberapa tahun yang lalu sikap seperti ini bisa dikatakan tidak sopan, tapi sekarang perilaku ini sudah lumrah di masyarakat.

Phubbing ternyata berpengaruh besar pada sebuah hubungan. Penelitian terbaru mencatat bahwa 46,3 % setiap pasangan yang sedang jalan atau kencan mencuekan pasangannya dan lebih asyik dengan gadgetnya, sedangkan 22,6% mengaku hubungannya bermasalah karena phubbing.

4. Memeriksa semua notifikasi

Terkadang notifikasi yang masuk pun tidak terlalu penting tapi tetap saja dibuka. Cobalah untuk menggunakan mode senyap saat sedang jalan bersama keluarga atau pasangan agar waktunya tidak terbuang sia-sia.

Bagi yang lagi LDR-an sisihkanlah waktu untuk menghubungi orang yang kalian sayang. Dengan begitu hubungan akan terus terjalin dengan baik tanpa ada gangguan.

5. Emoji dalam sebuah hubungan

Adanya ponsel membuat hubungan semakin erat dan dapat mendekatkan yang jauh, apalagi ditambah dengan aplikasi-aplikasi pendukung, sebut saja aplikasi obrolan.

Tanpa harus ketemu seseorang bisa komunikasi, agar obrolannya menarik seringkali menggunakan emoji sebagai bentuk ekspresi saat itu.

Tapi tahukah Anda, bahwa se-lucu atau se-romantis apa pun sebuah emoji tidak akan menggantikan letak kehangatan dan keriangan saat bertemu langsung dengan seseorang. (Anita Rahim)

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini