Sering Disarankan, Efektifkah Cegah Covid-19 dengan Cuci Hidung Pakai Air Garam?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Banyak yang menyebut mencuci hidung dapat mencegah Covid-19. Benarkah demikian? Lalu apa yang dimaksud mencuci hidung?

Virus corona bisa masuk ke dalam tubuh melalui beberapa ‘pintu’, salah satunya melalui hidung ketika kamu menghirup percikan liur dari orang yang terinfeksi.

Itulah mengapa banyak orang yang menganggap mencuci hidung dapat menjadi cara untuk mencegah penyakit Covid-19, karena bisa membersihkan virus yang ada di dalam hidung, termasuk virus corona.

Mencuci hidung atau disebut irigasi hidung adalah cara membersihkan hidung yang biasanya dilakukan dengan menggunakan air garam. Beberapa orang menggunakan alat yang disebut neti pot untuk membantu mengalirkan air garam ke rongga hidung, tapi kamu juga bisa menggunakan botol yang bisa dipencet.

Mencuci hidung merupakan terapi yang sudah lama digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit hidung, seperti sinusitis, rhinitis, dan infeksi saluran pernapasan atas. Selain itu, cara ini juga dinilai efektif untuk mengatasi hidung tersumbat dan alergi.

Hal ini karena air garam yang dialirkan ke saluran hidung bisa membersihkan alergen, lendir, dan kotoran lainnya dan membantu melembabkan selaput lendir. Hasilnya, hidung pun menjadi lebih lega dan segar. Bila digunakan dengan benar, irigasi hidung dinilai aman sebagai pengobatan penyakit hidung dan bisa dilakukan oleh siapa saja di rumah.

Mukosa hidung merupakan area yang rentan bagi virus corona untuk bersarang dan berkembang biak, karena banyaknya pembuluh darah, kelenjar musinus dan kelenjar serosa yang menciptakan lingkungan menjadi lembap. Itulah mengapa pada awal penyakit, viral load atau jumlah virus paling tinggi ditemukan terutama pada mukosa hidung dan nasofaring.

Nah, mencuci hidung dengan air garam bisa menurunkan viral load di rongga hidung, sehingga bisa mengurangi keparahan infeksi virus dan penularan lebih lanjut.

Irigasi hidung juga bermanfaat bagi pengidap Covid-19 yang mengalami gejala anosmia atau hilangnya penciuman. Membilas hidung dengan air garam bisa mengurangi jumlah virus, sehingga membantu meredakan peradangan. Selain itu, cara tersebut juga membantu membersihkan lendir yang menutupi reseptor bau dan rasa. Dengan begitu, gejala anosmia pun bisa berkurang.

Mencuci hidung dengan air garam tidak bisa mencegah Covid-19 secara efektif. Namun, cara ini tetap baik untuk dilakukan secara rutin untuk menjaga kebersihan hidung dari mikroorganisme yang bisa menyebabkan masalah atau penyakit.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini